Masa Berlaku SIM Habis Saat PPKM, Warga Palembang Dapat Dispensasi

Kompas.com - 31/07/2021, 07:22 WIB
Dispensasi Perpanjangna SIM Palembang Satlantas PalemnbangDispensasi Perpanjangna SIM Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pemerintah resmi mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 2 Agustus 2021. Beberapa regulasi masih tetap diberlakukan guna mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Tidak terkecuali Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan yang juga menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. PPKM level 4 d Palembang akan berlangsung pada 3 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Baca juga: Honda Astrea Grand Lowrider Pesanan Kasetpres Jokowi

Dengan adanya pembatasan mobilitas masyarakat, maka bagi pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada saat PPKM berlangsung akan mendapatkan dispensasi.

Aturan ini mengacu pada Surat Telegram Kapolri nomor ST/1491/VII/YAN.1.1./2021 yang tertanggal 21 Juli 2021.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sat Lantas Polrestabes Plg (@lantas_palembang)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada tanggal 3 sampai 25 Juli 2021 dapat diperpanjang pada tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021 dengan mekanisme perpanjangan,” ujar Kepala Sub Direktorat SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Tri Julianto Djatiutomo dilansir Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Daftar Mobil Bekas di Semarang yang Dijual di Bawah Rp 50 Juta

Dilansir dari instagram @lantas_palembang Jumat (30/7/2021), Satlantas Polrestabes Palembang memberlakukan dispensasi perpanjangan SIM bagi warga Palembang wang masa berlaku SIM nya habis selama masa PPKM.

Bagi pemegang SIM yang habis masa berlaku pada 3 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021, dapat melakukan perpanjangan pada 3-7 Agustus 2021 usai penerapan PPKM level 4.

Sedangkan jika pada masa dispensasi tidak melakukan perpanjangan dan tidak memanfaatkan dispensasi maka akan diberlakukan mekanisme SIM baru.

Pemohon harus mengulang dari awal untuk melakukan pembuatan SIM baru mulai dari ujian lagi.

Tampilan aplikasi Digital Korlantas Polri yang mencakup layanan perpanjangan SIM A dan C.Screenshot aplikasi Play Store Tampilan aplikasi Digital Korlantas Polri yang mencakup layanan perpanjangan SIM A dan C.

Warga pemohon SIM juga diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan yang diterapkan.

Selama masa PPKM, permohonan perpanjang SIM dapat dilakukan secara online melalui ponsel. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerumunan di Satpas SIM sehingga penyebaran virus Covid-19 dapat dicegah.

Baca juga: Merasa Ditipu, Pria Ini Curhat Biaya Servis Mobilnya Tembus Jutaan Rupiah

Pemohon dapat melakukan perpanjangan SIM melalui aplikasi Digital Korlantas Polri yang dapat diundih di playstore. Ikuti setiap langkah yang ditentukan, jika semuanya sudah terpenuhi maka SIM baru akan dikirimkan ke alamat pemohon.

Usahakan untuk melakukan perpanjangan SIM tidak terlalu mepet dengan tanggal habis masa berlaku SIM. Pada aplikasi Digital Korlantas Polri ini, pelayanan permohonan perpanjang SIM sudah bisa dilakukan H-30 sebelum masa berlaku habis.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.