Punya Ninja ZX25-R, CBR250RR, hingga R25, Pakai SIM C Golongan Apa?

Kompas.com - 26/07/2021, 09:12 WIB
Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R untuk harian Kompas.com/DonnyTest ride Kawasaki Ninja ZX-25R untuk harian
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencananya Korlantas Polri akan memberlakukan penggolongan SIM C yang terbagi menjadi tiga jenis mulai Agustus mendatang.

AKBP Arief Budiman, Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri, mengatakan, masing-masing SIM punya kategori berdasarkan kapasitas mesin.

"Target kita di bulan Agustus sudah bisa diimplementasikan,” ujar Arief, dilansir dari siaran Youtube NTMC Channel, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Bocor, Tampang Toyota Voxy Model Baru Jadi Mirip Alphard

Honda CBR250RR SP Quick Shifter KOMPAS.com/Gilang Honda CBR250RR SP Quick Shifter

“Artinya bagi para teman-teman yang mengendarai motor di atas 250 cc, ataupun di atas 500 cc, kita berharap di bulan agustus sudah bisa meningkatkan golongannya, dari C menjadi C I," kata dia.

Arief menambahkan, aturan penggolongan SIM sebelumnya tertuang dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 tahun 2021 yang mengatur pembagian tiga golongan SIM C, yakni C, C1, dan C2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Di Perpol No. 5 itu sekarang SIM C dibagi jadi 3 golongan, jadi SIM C untuk roda dua sampai dengan 250 cc, kemudian C1 itu untuk 250 cc sampai 500 cc, dan C2 itu untuk roda dua di atas 500 cc,” ucap Arief.

Baca juga: All New Yamaha R15 Tertangkap Kamera Saat Uji Jalan

Yamaha R25 terbaru hadir dengan beberapa perubahanKompas.com/Setyo Adi Yamaha R25 terbaru hadir dengan beberapa perubahan

Lantas, bagaimana dengan pemilik Ninja ZX25-R, CBR250RR, hingga R25, apakah harus meningkatkan golongan SIM C?

Menurut Arief, mulai bulan depan masyarakat diharapkan mulai meningkatkan golongan dari SIM C ke CI, dengan berpandu kapasitas isi silinder.

Dari spesifikasi resmi masing-masing pabrikan, Ninja ZX25-R meskipun mengusung mesin 4-silinder segaris memiliki volume silinder 249,8 cc.

Baca juga: Berburu Toyota Rush Bekas dengan Dana Rp 100 Jutaan

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

Sementara itu, CBR250RR dengan konfigurasi mesin Parallel Twin Cylinder 249,7 cc. Kemudian R25 inline 2-cylinder 249,2 cc.

Artinya, dari spesifikasi teknis yang diusung, mengendarai Ninja ZX25-R, CBR250RR, hingga R25 tidak perlu meningkatkan golongan dari SIM C ke CI. Pasalnya, ketiga motor sport tersebut tidak memiliki kapasitas lebih dari 250 cc.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.