Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Honda Astrea Lawas, Harga Bekasnya Mulai Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 18/07/2021, 17:01 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Perkembangan zaman dan teknologi saat ini, kehadiran sepeda motor canggih semakin banyak. Model dan desainnya juga beragam. Namun hal tersebut tak lantas mengakibatkan motor produksi lawas kehilangan peminat.

Melihat pasar motor bekas, di masa pandemi seperti saat ini banyak orang yang mencari motor lawas.

Biasanya motor lawas tersebut akan direstorasi kembali untuk dijadikan barang koleksi, hanya sekadar dipakai sehari-hari, atau bahkan dijual kembali.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Putar Setir Saat Mobil Diam Dapat Merusak Power Steering

Salah satu motor lawas yang banyak dicari saat ini, yakni Honda Astrea. Honda Astrea merupakan salah satu legenda moped di Indonesia.

Sejak kemunculannya pada tahun 1980-an, ada 10 tipe Honda Astrea yang mengaspal di Indonesia.

Honda Astrea Prima 1989 retorasi Foto: Istimewa Honda Astrea Prima 1989 retorasi

Kemunculan pertama Honda Astrea yakni Astrea 700 yang diproduksi pada tahun 1981-1983. Kemudian disusul dengan Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima, dan Astrea Grand.

Kemudian pada tahun 1997, Astrea menampilkan produk bernama Astrea Supra. Motor yang dikenal sebagai motor bapak-bapak ini memiliki desain yang berbeda dengan Astrea Grand sebelumnya.

Baca juga: Honda CB190TR Meluncur, Tampang Neo Retro

Namun pada tahun yang sama, yakni 1997 Honda juga mengeluarkan Astrea Impressa yang merupakan moped dengan desain yang masih memiliki DNA Astrea Grand.

Pada tahun 2001, Astrea Supra kembali muncul dengan nama Astrea Supra X dengan rem cakram di bagian depan. Honda Supra X juga masih memiliki berbagai varian lain seperti Supra V dan Supra XX.

Honda Astrea Star BiruKOMPAS.com/Gilang Honda Astrea Star Biru

Setelah Supra X, Astrea kembali muncul dengan Astrea Legenda 1 dan Astrea Legenda 2 yang memiliki desain berbeda dengan Supra X.

Marwan, salah satu pemilik diler motor bekas Marwan Motor di Solo, Jawa Tengah mengatakan, saat ini memang banyak yang mencari Honda Astrea lawas.

Baca juga: Ini Syarat Perjalanan ke Luar Kota Saat Libur Idul Adha

"Kalau harga Astrea lawas itu harganya sekitar Rp 3,5 juta sampai Rp 4 jutaan. Saya ada itu Astrea Grand sama Astrea bulus," kata Marwan kepada Kompas.com, Minggu (18/7/2021).

Marwan juga mengatakan, banyak yang mencari Honda Astrea karena memiliki kenangan dengan motor tersebut. Selain itu ada juga yang membeli motor lawas ini untuk direstorasi kembali.

Deretan sepeda motor Honda Astrea dari berbagai model milik para anggota C'Duck Astrea saat gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/7/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan sepeda motor Honda Astrea dari berbagai model milik para anggota C'Duck Astrea saat gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/7/2018).

Menilik harga Honda Astrea di pasar motor bekas online, redaksi Kompas.com masih banyak menemukan Honda Astrea lawas yang dijual dengan kondisi bagus.

Untuk Honda Astrea 700 dan Astrea 800 ada yang menjual dengan harga Rp 4 jutaan sampai dengan Rp 7 jutaa. Ada juga yang menjual Astrea 800 dengan harga Rp 13 juta dengan kondisi full restorasi.

Baca juga: Makin Marak Bus Single Glass, Bikin Banyak Pilihan di Jalan

Kemudian untuk Astrea Prima, Star, dan Grand, masih dijual dengan harga Rp 4 jutaan sampai dengan Rp 8 Jutaan. Semua masih dengan kondisi bagus dan memiliki surat lengkap.

Sedangkan untuk Astrea Impressa dan Astrea Legenda memiliki harga yang lebih tinggi dan dijual mulai Rp 5 jutaan sampai puluhan juta rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com