Ini Pentingnya Atur Tekanan Udara Ban Sepeda Motor

Kompas.com - 17/07/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi mengecek tekanan udara ban motor Dok. YamahaIlustrasi mengecek tekanan udara ban motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas dari lonjakan virus Covid-19, membuat pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali sejak 3 hinga 20 Juli 2021.

Masyarakat pun di imbau untuk tidak keluar rumah selama kurang lebih dua pekan. Kondisi ini otomatis akan membuat kendaraan kesayangan jarang digunakan dan hanya menganggur di parkiran.

Bagi pemilik sepeda motor, kendaraan yang lama terpakir di garasi bisa menimbulkan masalah pada ban seperti flat spot.

Baca juga: PPKM Darurat, Polisi Sebut Mobilitas Masyarakat Jakarta Turun hingga 50 Persen

Flat spot terjadi lantaran motor yang terlalu lama didiamkan dan permukaan ban langsung terkena lantai. Hawa dingin pada lantai menyebabkan bagian ban yang menempel menjadi rata atau flat.

Lantas jika kondisi tersebut sudah terjadi, bisakah diperbaiki?

Garis pada ban motorStanly/Otomania Garis pada ban motor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, tidak ada cara untuk memperbaiki ban yang sudah mengalami flat spot.

“Cara memperbaiki tidak ada, namun bisa dicegah dengan cara mengatur tekanan ban dengan standart. Kemudian, apabila motor tidak digunakan dalam waktu yang lama, hindari ban menyentuh lantai langsung,” ujar Ribut, kepada Kompas.com (17/7/2021).

Baca juga: Karoseri Adiputro Mulai Bikin Bus Single Glass

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, menambahkan, berkendara dengan ban motor yang mengalami flat spot bisa mengganggu kestabilan dari motor tersebut.

“Ketika berkendara, jalan yang dilewati akan terasa bergelombang,” katanya kepada Kompas.com.

Agus menambahkan, jika pengendara mengalami hal tersebut sebaiknya langsung melakukan pergantian ban, agar berkendara menjadi lebih nyaman dan aman, terutama saat ingin bermanuver.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.