PPKM Darurat, Polisi Sebut Mobilitas Masyarakat Jakarta Turun hingga 50 Persen

Kompas.com - 17/07/2021, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat telah berlaku sejak Sabtu (3/7/2021), dan rencananya akan berlangsung hingga 20 Juli mendatang.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus mengklaim, mobilitas kendaraan di Jakarta menurun setelah adanya penyekatan PPKM Darurat di 100 lokasi.

“Dibandingkan dengan kemarin, sekarang landai. Kalau kita melihat google traffic di aplikasi, hari ini turun sekitar 40-50 persen,” ucap Yusri, Jumat (16/7/2021).

Sebagai informasi, polisi menyekat 100 titik sejak kemarin, hal ini dilakukan lantaran mobilitas kendaraan yang masuk ke Jakarta masih tinggi. Tingkat mobilitas dilihat dari google traffic, facebook mobilitas serta indeks cahaya malam NASA.

Baca juga: Dua Bulan Mengaspal, Rocky Banyak Digemari Orang Kaya

 

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan sebelumnya menjelaskan mobilitas sempat menurun 30 persen pada 5 Juli 2021. Namun, mobilitas kendaraan justru hanya turun 20 persen pada 11 Juli 2021. Artinya, terdapat peningkatan mobilitas 10 persen pada 11 Juli 2021 dibandingkan 5 Juli 2021.

Titik penyekatan di jalan Tol Jasa MargaJASA MARGA Titik penyekatan di jalan Tol Jasa Marga

“Target di PPKM ini penurunan mobilitas antara 30 sampai 50 persen,” kata Sambodo.

100 titik penyekatan PPKM Darurat meliputi 19 lokasi dalam kota, 15 titik di tol, dan 10 titik di batas kota. Selanjutnya, 29 titik di daerah penyangga Ibu Kota seperti Bekasi, Depok dan Tangerang serta 27 titik di ruas Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Baca juga: Begini Cara Mengisi Air Radiator Mobil yang Benar

Sambodo melanjutkan, petugas akan memeriksa warga dengan kepentingan esensial dan kritikal dari pukul 06.00 hingga 10.00. Selanjutnya dari pukul 10.00 hingga 22.00, jalan ditutup kecuali untuk tenaga kesehatan, dokter, perawat, TNI-Polri dan orang-orang lain yang dibolehkan.

“Pukul 22.00 sampai 06.00 karena memang arus lalu lintas sudah sepi, maka penyekatan dilepas,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.