Pentingnya Pilih Riding Gear yang Tepat Buat Pengendara Motor

Kompas.com - 17/07/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi berteduh saat bermotor IstimewaIlustrasi berteduh saat bermotor

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim yang ada di Indonesia memang hanya dua, antara kemarau atau hujan. Ketika memasuki musim kemarau, berkendara di siang hari bisa menjadi hal yang sangat melelahkan.

Bahkan ketika berkendara di siang yang panas, ada saja kebiasaan pengendara motor yang nyeleneh. Misalnya dengan berteduh dari matahari, bisa di bawah pohon atau di tempat yang sekiranya adem ketika berhenti menunggu lampu lalu lintas.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara yang berteduh saat menunggu lampu lalu lintas memang banyak ditemui. Hal ini sebenarnya kembali lagi ke pemilihan riding gear yang tepat.

Baca juga: Update Penutupan 7 Akses Jalan Tol di Bandung Jelang Idul Adha

Jaket Motor di RC MotogarageKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Jaket Motor di RC Motogarage

“Pengendara itu harus tahu, ketika berkendara, tipsnya adalah menggunakan riding gear yang aman dan nyaman. Artinya, gunakan riding gear yang menyesuaikan dengan kondisi cuaca saat kita ingin berkendara,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mulai 16 Juli, Keluar Jakarta Bakal Disekat di Km 31 Tol Cikampek

Jadi ketika berkendara di siang hari, pakai jaket yang tidak terlalu tebal, karena bisa membuat badan panas. Pengendara bisa menggunakan jaket yang menyerap angin, sehingga tubuh tetap sejuk walau berkendara di siang hari.

“Usahakan juga untuk tidak berkendara di saat matahari sedang terik jika tidak dalam kondisi terpaksa. Jadi bisa mengubah jam perjalanan, menunggu cuaca tidak terlalu panas. Karena saat berkendara di cuaca terik, tubuh jadi mudah dehidrasi,” kata Agus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X