Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Penutupan 7 Akses Jalan Tol di Bandung Jelang Idul Adha

Kompas.com - 16/07/2021, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah ruas jalan tol mulai disekat dan dijaga pihak berwajib menjelang libur Idul Adha 1442 H serta Pemberlakuan Penyekatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk atas diskresi serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan TNI turut melakukan pengaturan lalu lintas.

Khususnya di beberapa titik lokasi di jalan tol Jasa Marga Group, termasuk di Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi, yang masuk wilayah Bandung.

Baca juga: Update Penutupan 26 Akses Jalan Tol di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Polisi tengah menutup jalan Asia Afrika untuk mengurangi kerumunan dan penyebaran covid di Kota Bandung. Penutupan bakal dilakukan selama dua pekan.KOMPAS.COM/AGIE PERMADI Polisi tengah menutup jalan Asia Afrika untuk mengurangi kerumunan dan penyebaran covid di Kota Bandung. Penutupan bakal dilakukan selama dua pekan.

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Jasa Marga, mengatakan, mekanisme penyekatan adalah pemeriksaan protokol kesehatan.

Seperti pengecekan menggunakan masker dan kapasitas kendaraan yang hanya memuat 50 persen penumpang.

“Selanjutnya memeriksa dokumen persyaratan perjalanan seperti Sertifikat Vaksin, Surat Tes COVID-19 (PCR/Antigen) dengan hasil negatif serta Surat Tugas atau Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP),” ujar Dwimawan, dalam keterangan tertulis (15/7/2021).

Baca juga: Berulang, Remaja Pria Terlindas Truk demi Konten Viral

Penumpukan kendaraan terjadi saat petugas melakukan penyekatan di depan Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/7/2021). Selama PPKM Darurat, Kota Bandung tertutup bagi warga dari luar wilayahnya, hal tersebut dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat dan mengurangi penyebaran Covid-19.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Penumpukan kendaraan terjadi saat petugas melakukan penyekatan di depan Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/7/2021). Selama PPKM Darurat, Kota Bandung tertutup bagi warga dari luar wilayahnya, hal tersebut dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat dan mengurangi penyebaran Covid-19.

Dwimawan juga mengatakan, ada beberapa kriteria kendaraan yang diperbolehkan melintas selama masa PPKM berlangsung.

Di antaranya kendaraan angkutan logistik, kendaraan dari sektor esensial dan kendaraan dari sektor kritikal, termasuk kendaraan TNI, Nakes serta emergency.

“Selain jenis-jenis kendaraan tersebut serta apabila tidak memenuhi persyaratan seperti penerapan prokes dan dokumen yang tidak lengkap akan diputar arahkan oleh petugas Kepolisian dan TNI kembali ke daerah asal,” kata dia.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan via ATM Bingung Kode Bayar, Begini Penjelasannya

Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan pengemudi saat penyekatan arus balik menuju Jakarta di gerbang masuk Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/5/2020). Pada penyekatan arus balik tersebut petugas memeriksa surat tugas kantor dan surat izin keluar masuk (SIKM) pada pengemudi yang berkendara dengan menggunakan Plat B serta meminta pengendara memutar balik jika tidak memiliki SIKM.ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan pengemudi saat penyekatan arus balik menuju Jakarta di gerbang masuk Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/5/2020). Pada penyekatan arus balik tersebut petugas memeriksa surat tugas kantor dan surat izin keluar masuk (SIKM) pada pengemudi yang berkendara dengan menggunakan Plat B serta meminta pengendara memutar balik jika tidak memiliki SIKM.

Berikut lokasi pengendalian mobilitas di jalan tol Jasa Marga Group di wilayah Bandung berdasarkan update hingga Kamis (15/07) adalah sebagai berikut:

Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi
- GT Pasteur
- GT Pasir Koja (Akses Keluar Pasir Koja)
- GT Kopo (Akses Keluar Kopo)
- GT M. Toha (Akses Keluar M. Toha)
- GT Buah Batu (Akses Keluar Buah Batu)
- Entrance GT Padalarang Timur
- GT Sadang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com