Kompas.com - 09/07/2021, 18:21 WIB
Ilustrasi memeriksa radiator mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi memeriksa radiator mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Radiator merupakan komponen cukup penting pada mobil sebab berfungsi menjaga suhu mesin agar tetap ideal. Jika radiator bermasalah, maka dipastikan mesin terganggu, bahkan bisa mogok karena terlalu panas.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, agar hal itu tidak terjadi maka radiator butuh dirawat. Caranya cukup mudah dan sederhana, yakni pastikan cairan radiator terisi maksimal.

“Cukup ditambahkan saja kalau cairannya berkurang. Namun, mengisinya disarankan untuk tetap menggunakan cairan khusus radiator,” ucap Didi kepada Kompas.com, Kamis (8/7/2021).

Baca juga: Indikator Bensin Mobil Menyala, Sisa Berapa Liter di Tangki?

Meski terkesan sepele, mengisi air radiator dengan cairan khusus sangat membantu pendinginan mesin. Sebab cairan tersebut memang dirancang sedemikian rupa agar mendapat pendinginan sempurna.

Coolant Radiatorwww.wikihow.com Coolant Radiator

Selain soal efektifiras, cairan radiator sendiri dapat mencegah karat. Berbeda dengan air keran atau air mineral yang diklaim justru dapat menyebabkan karat pada sistem pendinginan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi menambahkan, cairan radiator sebaiknya diganti berkala setiap 20.000 kilometer (Km).

Baca juga: Baze Buat Inovasi Ambulans Khusus Covid-19

“Biasanya setiap 20.000 Km, atau bisa juga saat airnya sudah terlihat keruh karena jarang digunakan. Supaya aman, setiap servis berkala minta dilakukan pengecekan kembali saja,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X