Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Generasi Baru Avanza-Xenia, Pakai CVT dan Fitur Makin Canggih

Kompas.com - 10/07/2021, 13:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

Sumber wapcar.my

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dan Daihatsu dikabarkan sedang mempersiapkan generasi baru dari MPV murahnya, yakni Avanza dan Xenia. Rumor keduanya muncul setelah beredar gambar render yang viral di dunia maya sejak beberapa waktu lalu.

Menyitat dari wapcar.my, tampilan Avanza dan Xenia barut terlihat berbeda dari versi yang ada saat ini. Bahkan dikabarkan bakal menggunakan platform layaknya Rocky dan Raize, yakni DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Bila melihat dari tampilan desain belakang dan samping, banyak yang menanggap konsepnya mirip dengan Rush dan Terios.

Tapi bila diperhatikan lebih detail, justru arahnya ke mobil konsep DN Multisix yang beberapa tahun lalu pernah ditampilkan Daihatsu dalam pemeran otomotif di Indonesia.

Baca juga: Menu SUV Murah di Bawah Rp 200 Juta, Ada Rocky dan Kia Sonet

Selain itu, wapcar.my juga menyebutkan bakal ada beberapa perubahan besar yang terjadi pada duet Avanza-Xenia generasi baru. Salah satunya mengenai perubahan sistem penggerak roda yang isunya bakal berubah menggunakan front wheel drive (FWD) atau penggerak depan.

Daihatsu DN Multisix.Febri Ardani/Otomania.com Daihatsu DN Multisix.

Hal ini tentu mengikuti perubahan platform yang digunakan. Bahkan mesin berkubikasi 1.500 cc Dual VVT-i pun bakal dipadukan dengan sistem transmisi CVT yang digunakan Rocky dan Raize saat ini.

Informasi lain datang dari kelengkapan sistem keselamatan, Xenia dan Avanza anyar juga kemungkinan besar akan menggunakan fitur autonomous emergency braking (AEB) sebagai perangkat pengereman darurat.

Baca juga: STRP Jadi Syarat Wajib Masuk Wilayah Aglomerasi, Begini Cara Buatnya

Tak hanya itu, dikarenakan Avanza juga bakal jadi produk kembar dari Perodua Alza di Malaysia, dari sisi fitur pun bakal bertambah layaknya kehadiran adaptive cruise control (ACC) dan lane keep assist (LKA). Fitur-fitur ini pun sebenarnya sudah tersemat pada Raize dan Rocky.

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

Bila benar demikian, maka duet MPV murah yang digadang-gadang bakal meluncur pada 2022 mendatang ini tak sekadar naik kelas, tapi lebih modern dari para rival-rivalnya seperti, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, dan Suzuki Ertiga.

Baca juga: Muncul Gambar Render Calon Avanza Baru, Jadi Mirip Rush

Meski belum ada kejelasan dan kepastian, termasuk keran informasi yang masih tertutup rapat dari pihak Daihatsu dan Toyota di Indonesia, tapi melihat dari sisi usia sudah seharusnya Avanza dan Xenia berevolusi.

Konsep Daihatsu DN MultisixFebri Ardani/Otomania.com Konsep Daihatsu DN Multisix

Apalagi mengingat di segmen MPV murah kini persaingannya makin ketat, tak hanya dengan bertambahnya pemain baru yang menawarkan harga kompetitif, tapi juga fitur berlimpah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber wapcar.my
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com