Ada Lubang Saat Mengendarai Motor, Hatam atau Hindari?

Kompas.com - 10/07/2021, 12:42 WIB
Sejumlah lubang di Jalan Panjang Kebon Jeruk Kompas.com/Kurnia Sari AzizaSejumlah lubang di Jalan Panjang Kebon Jeruk

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pengendara sepeda motor, jalan berlubang merupakan momok menakutkan yang menyebabkan pelek peyang atau malah kecelakaan fatal.

Karena itu, tak sedikit pengendara motor yang berusaha bermanuver dan menghindari jika melihat ada lubang. Meski tujuannya bisa dimengerti, ada baiknya tetap awas dengan pengendara lain yang berada di belakangnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika melihat lubang usahakan jangan melakukan pengereman mendadak atau pindah jalur.

Baca juga: Balap Liar Saat PPKM Darurat, Catat Ini Ancaman dan Hukumannya

“Misalkan kecepatan kita tinggi kemudian kaget melihat di depan ada lubang usahakan tidak ngerem mendadak atau pindah lajur. Jangan sampai waktu mengerem, kita aman tapi yang belakang tidak siap malah menabrak kita atau jauh karena kaget,” ucap Agus kepada Kompas.com, Jumat (9/7/2021).

Pengendara motor menghindari kubangan air karena rusaknya aspal di Jalan Gunung Saharai, Jakarta, Senin (1/4/2013). Lubang di jalan yang tertutup genangan air sering membuat pengendara motor terperosok dan jatuh.KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pengendara motor menghindari kubangan air karena rusaknya aspal di Jalan Gunung Saharai, Jakarta, Senin (1/4/2013). Lubang di jalan yang tertutup genangan air sering membuat pengendara motor terperosok dan jatuh.

Agus menambahkan, tak sedikit pengendara di belakang yang jatuh karena kaget atau bahkan menabrak pengendara yang melakukan pengereman mendadak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saran Agus, jika melihat lubang dan kondisi di jalan sedang ramai maka lebih baik hajar saja ketimbang mengerem atau menghindari lubang.

Baca juga: STRP Jadi Syarat Wajib Masuk Wilayah Aglomerasi, Begini Cara Buatnya

Lubang di jalan biasanya masih bisa dilewati, tidak dalam (seperti off road), kita terjang saja lubangnya. Itu akan lebih efekif dan lubang dibandingkan menghindari lubang,” katanya.

Meski begitu, saat melewati jalan yang berlubang menurut Agus ada tekniknya tersendiri, agar motor yang dikendarai tetap terjaga keseimbangannya, yakni dengan menaikan sedikit bokong dan mempertegak pundak.

"Sama seperti teknik yang digunakan motorcross," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X