Salin Artikel

Rumor Generasi Baru Avanza-Xenia, Pakai CVT dan Fitur Makin Canggih

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dan Daihatsu dikabarkan sedang mempersiapkan generasi baru dari MPV murahnya, yakni Avanza dan Xenia. Rumor keduanya muncul setelah beredar gambar render yang viral di dunia maya sejak beberapa waktu lalu.

Menyitat dari wapcar.my, tampilan Avanza dan Xenia barut terlihat berbeda dari versi yang ada saat ini. Bahkan dikabarkan bakal menggunakan platform layaknya Rocky dan Raize, yakni DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Bila melihat dari tampilan desain belakang dan samping, banyak yang menanggap konsepnya mirip dengan Rush dan Terios.

Tapi bila diperhatikan lebih detail, justru arahnya ke mobil konsep DN Multisix yang beberapa tahun lalu pernah ditampilkan Daihatsu dalam pemeran otomotif di Indonesia.

Selain itu, wapcar.my juga menyebutkan bakal ada beberapa perubahan besar yang terjadi pada duet Avanza-Xenia generasi baru. Salah satunya mengenai perubahan sistem penggerak roda yang isunya bakal berubah menggunakan front wheel drive (FWD) atau penggerak depan.

Hal ini tentu mengikuti perubahan platform yang digunakan. Bahkan mesin berkubikasi 1.500 cc Dual VVT-i pun bakal dipadukan dengan sistem transmisi CVT yang digunakan Rocky dan Raize saat ini.

Informasi lain datang dari kelengkapan sistem keselamatan, Xenia dan Avanza anyar juga kemungkinan besar akan menggunakan fitur autonomous emergency braking (AEB) sebagai perangkat pengereman darurat.

Tak hanya itu, dikarenakan Avanza juga bakal jadi produk kembar dari Perodua Alza di Malaysia, dari sisi fitur pun bakal bertambah layaknya kehadiran adaptive cruise control (ACC) dan lane keep assist (LKA). Fitur-fitur ini pun sebenarnya sudah tersemat pada Raize dan Rocky.

Bila benar demikian, maka duet MPV murah yang digadang-gadang bakal meluncur pada 2022 mendatang ini tak sekadar naik kelas, tapi lebih modern dari para rival-rivalnya seperti, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, dan Suzuki Ertiga.

Meski belum ada kejelasan dan kepastian, termasuk keran informasi yang masih tertutup rapat dari pihak Daihatsu dan Toyota di Indonesia, tapi melihat dari sisi usia sudah seharusnya Avanza dan Xenia berevolusi.

Apalagi mengingat di segmen MPV murah kini persaingannya makin ketat, tak hanya dengan bertambahnya pemain baru yang menawarkan harga kompetitif, tapi juga fitur berlimpah.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/10/130200315/rumor-generasi-baru-avanza-xenia-pakai-cvt-dan-fitur-makin-canggih

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.