Kerap Diabaikan, Begini Cara Merawat Saklar Sepeda Motor

Kompas.com - 10/07/2021, 12:22 WIB
Cukup semprotkan cairan penetran untuk bikin saklar sepeda motor tidak seret Kompas.com/DonnyCukup semprotkan cairan penetran untuk bikin saklar sepeda motor tidak seret

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan bisa diisi dengan kegiatan ringan dan bermanfaat. Salah satunya ialah dengan merawat sepeda motor kesayangan.

Ada satu bagian pada sepeda motor yang jarang diperhatikan, padahal sering digunakan pemiliknya, yaitu saklar.

Banyak orang mengira bagian ini tidak memerlukan perawatan. Padahal, posisi saklar yang berada di setang membuatnya cukup rentan. Sebab, saklar selalu terkena air saat mencuci atau saat hujan dan juga terpapar sinar matahari.              

Baca juga: Ketahui Penyebab Pedal Rem Naik Turun Saat Melakukan Pengereman              

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang Asep Suherman mengatakan, biasanya saklar-saklar tersebut suka agak seret saat digunakan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perawatan.

Tombol pengatur menu di panel meter ada di setang sebelah kiri Ducati SupersportKompas.com - Adit, Ghulam Tombol pengatur menu di panel meter ada di setang sebelah kiri Ducati Supersport

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Biasanya muncul karat putih di soketnya. Karat putih ini bisa dihilangkan dengan menyemprot cairan penetran agar normal kembali,” ujar Herman saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Herman menambahkan, cukup disemprot dari celah yang ada di saklar yang terletak di setang. Tidak perlu dibongkar, karena ada celah untuk penyemprotannya.

Baca juga: Jangan Coba-coba Menyiram Rem yang Sedang Panas, Akibatnya Fatal        

“Biasanya, yang suka seret itu saklar lampu sein, klakson, dan kunci kontak,” kata dia.

Herman juga mengingatkan pemilik motor menyiapkan kain bersih untuk mengelap cipratan atau tetesan cairan setelah disemprotkan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X