Teknologi Perpindahan Gigi di MotoGP Ini Akan Dipakai di Motor Versi Jalanan

Kompas.com - 10/07/2021, 12:01 WIB
Gambar paten seamless shift gearbox Ducati Dok. VisordownGambar paten seamless shift gearbox Ducati

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP sudah dibekali dengan seamless shift gearbox. Teknologi ini yang dapat membuat perpindahan gigi menjadi lebih mulus.

Seamless shift gearbox pertama kali diperkenalkan pada 2010. Honda jadi pabrikan pertama yang menggunakan teknologi ini.

Honda mengembangkannya dari girboks yang digunakan pada mobil balap Formula 1 (F1). Setelah itu, pabrikan lain baru mengikutinya.

Baca juga: Ducati Kembangkan Seamless Shift Gearbox untuk Motor Jalanan

Dikutip dari Visordown.com, Sabtu (10/7/2021), ide dasarnya adalah untuk menghilangkan ketidakstabilan motor saat menaikkan gigi di tengah tikungan.

Setelah satu dekade berlalu, teknologi ini masih belum diturunkan ke motor produksi massal. Kemungkinan besar, motor jenis supersport dulu yang akan disematkan teknologi ini.

Ducati Panigale V4RFoto: Ducati Ducati Panigale V4R

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yamaha sudah mengajukan paten seamless shift gearbox untuk YZF-R1 sejak 2018 lalu. Tapi, hingga kini hal tersebut masih belum direalisasikan.

Menurut kabar yang beredar, Ducati sedang mengerjakan seamless shift gearbox untuk Panigale. Ducati pun juga sudah mengajukan paten teknologi tersebut.

Baca juga: Teknologi Girboks Seamless pada Motor Balap MotoGP, Mirip Motor Matik

Dari gambar paten tersebut, terlihat jelas bahwa girboks ini bukan untuk MotoGP. Sistem paketnya, ukuran, dan desain dari kopling jelas untuk motor jalanan, bukan untuk motor balap.

Jika Ducati benar-benar menyematkan teknologi tersebut pada motor produksinya, tidak butuh waktu lama lagi untuk pabrikan lain mengikuti langkah tersebut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.