Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Perpindahan Gigi di MotoGP Ini Akan Dipakai di Motor Versi Jalanan

Kompas.com - 10/07/2021, 12:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP sudah dibekali dengan seamless shift gearbox. Teknologi ini yang dapat membuat perpindahan gigi menjadi lebih mulus.

Seamless shift gearbox pertama kali diperkenalkan pada 2010. Honda jadi pabrikan pertama yang menggunakan teknologi ini.

Honda mengembangkannya dari girboks yang digunakan pada mobil balap Formula 1 (F1). Setelah itu, pabrikan lain baru mengikutinya.

Baca juga: Ducati Kembangkan Seamless Shift Gearbox untuk Motor Jalanan

Dikutip dari Visordown.com, Sabtu (10/7/2021), ide dasarnya adalah untuk menghilangkan ketidakstabilan motor saat menaikkan gigi di tengah tikungan.

Setelah satu dekade berlalu, teknologi ini masih belum diturunkan ke motor produksi massal. Kemungkinan besar, motor jenis supersport dulu yang akan disematkan teknologi ini.

Ducati Panigale V4RFoto: Ducati Ducati Panigale V4R

Yamaha sudah mengajukan paten seamless shift gearbox untuk YZF-R1 sejak 2018 lalu. Tapi, hingga kini hal tersebut masih belum direalisasikan.

Menurut kabar yang beredar, Ducati sedang mengerjakan seamless shift gearbox untuk Panigale. Ducati pun juga sudah mengajukan paten teknologi tersebut.

Baca juga: Teknologi Girboks Seamless pada Motor Balap MotoGP, Mirip Motor Matik

Dari gambar paten tersebut, terlihat jelas bahwa girboks ini bukan untuk MotoGP. Sistem paketnya, ukuran, dan desain dari kopling jelas untuk motor jalanan, bukan untuk motor balap.

Jika Ducati benar-benar menyematkan teknologi tersebut pada motor produksinya, tidak butuh waktu lama lagi untuk pabrikan lain mengikuti langkah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com