Teknologi Girboks Seamless pada Motor Balap MotoGP, Mirip Motor Matik

Kompas.com - 22/04/2020, 17:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP dibangun secara khusus. Teknologi yang digunakan juga berbeda. Salah satu teknologi yang digunakan adalah girboks seamless.

Fungsi dari girboks seamless secara singkat adalah untuk mengatur perpindahan gigi secara mulus atau halus, tanpa adanya deselerasi sedikit pun.

Sebab, pada girboks konvensional masih terjadi deselerasi saat pindah gigi.

Baca juga: Apa Perbedaan Rem Karbon dan Rem Baja pada Motor Balap MotoGP?

Jika seorang pebalap melakukan perpindahan gigi saat berakselerasi, ada kalanya dalam sepersekian detik, posisi gigi dalam keadaan netral, dan posisi gas sedikit turun.

Teknologi girboks seamless pada motor balap MotoGPIstimewa Teknologi girboks seamless pada motor balap MotoGP

Seberapa cepat pun melakukan perpindahan gigi, meski tanpa menarik tuas kopling sedikit pun, dengan girboks konvensional pasti tetap terjadi deselerasi.

Deselerasi tersebut menjadi masalah pada motor balap MotoGP. Meski hanya sedikit, tapi dengan girboks seamless, akselerasi motor jadi lebih baik dan terbukti lebih cepat saat di trek lurus.

Baca juga: Ini Perangkat yang Ada di Baju Balap Para Rider MotoGP

Girboks seamless mengizinkan penggunaan dua gir gigi transmisi sekaligus. Sehingga, akselerasi menjadi mulus seperti motor matik. Tidak akan terjadi penurunan tenaga atau torsi di saat perpindahan gigi.

"Kalau dilihat gap per lap, girboks seamless tidak jauh berbeda dengan yang konvensional. Kami sudah melakukan perbandingan. Tapi peningkatan yang jelas terlihat apabila kita bicara 20-30 lap, karena dengan girboks seamless ini motor menjadi lebih mudah dikendarai, lebih stabil, akselerasinya juga lebih stabil, dan pengereman pun juga jadi stabil," terang Rossi.

Teknologi girboks seamless pada motor balap MotoGPIstimewa Teknologi girboks seamless pada motor balap MotoGP

Sudah ada beberapa perusahaan yang mengembangkan teknologi ini. Salah satunya adalah girboks seamless yang dikembangkan oleh Zeroshift.

Secara konstruksi, hanya butuh sedikit ubahan di bagian mesin untuk menggantikan girboks konvensional dengan girboks seamless.

Berikut perbandingan girboks seamless dengan girboks konvensional yang diletakkan pada transmisi mobil:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.