Video Viral Truk Tabrak Motor, Ingat Pentingnya Riding Gear

Kompas.com - 06/07/2021, 07:42 WIB
Truk diduga rem blong tabrak pembatas jalan dan pengendara motor Foto: Tangkapan layar Truk diduga rem blong tabrak pembatas jalan dan pengendara motor


JAKARTA, KOMPAS.com - Video kecelakaan viral di media sosial, memperlihatkan truk menabrak pembatas jalan dan pengendara sepeda motor yang sedang melintas dari jalur berlawanan.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Jabodetabek Terkini itu, ditengarai dump truck tersebut mengalami rem blong sehingga kehilangan kendali dan menabrak pembatas jalan.

Dalam keterangan video, kecelakaan disebut terjadi di Jalan Ciledug Raya, Petukangan Selatan, Pesanggrahan Jakarta Selatan, Senin, (05/07/2021) pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Red Bull Racing Masih Mendominasi Balapan Formula 1

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jabodetabek Terkini (@jabodetabek.terkini)

 

Terlihat dari pantauan CCTV sesaat setelah tertabrak truk, korban pengendara motor masih mampu bangun. Namun kondisinya mengalami luka-luka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berkaca pada kejadian itu, kecelakaan bisa terjadi di mana dan kapan saja. Bahkan ketika sudah menaati aturan, tetap ada kondisi yang tidak bisa dikendalikan

Untuk itu, tiap pengendara wajib mempersiapkan diri dengan riding gear atau perlengkapan berkendara yang memadai untuk melindungi tubuh apabila mengalami kecelakaan.

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development PT Daya Adicipta Motora, main dealer Honda Jawa Barat mengatakan, ada lima perlengkapan standar untuk berkendara.

Baca juga: PPnBM 0 Persen Diperpanjang, Ini Harga Ertiga dan XL7 di Yogyakarta

Lima hal tersebut mencakup helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

BUMD PT Jasa Sarana menyiapkan 10 truk untuk mensuplai oksigen ke rumah sakit di Jawa Barat. 
DOK. Humas Pemprov Jabar BUMD PT Jasa Sarana menyiapkan 10 truk untuk mensuplai oksigen ke rumah sakit di Jawa Barat.

“Itu menjadi hal penting yang wajib dipakai ketika berkendara untuk meminimalisir saat terjadi kecelakaan di jalan raya,” ujar Ludhy dalam keterangan resmi belum lama ini.

Untuk proteksi terbaik, lima riding gear itu baiknya digunakan bersamaan. Sebab tubuh harus terlindungi seluruhnya ketika terjadi suatu kecelakaan atau pada suatu kondisi darurat.

Sebab kata Ludhy, kecelakaan tidak mengenal waktu dan tempat, di mana pun dan kapan pun, potensi kecelakaan akan selalu ada ketika sedang berkendara di jalan.

Baca juga: Cara Mudah dan Sederhana Merawat Power Window

Ilustrasi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi.

Helm berfungsi sebagai pelindung kepala, jaket melindungi tubuh bagian atas dari gesekan dan benturan.

Sarung tangan melindungi telapak tangan, celana panjang melindungi seluruh kaki dari gesekan dan benturan. Sedangkan sepatu melindungi bagian mata kaki hingga telapak kaki.

“Selalu lindungi diri kita dengan riding gear yang lengkap dan aman, pakai riding gear yang lengkap namun tetap aman dan nyaman saat berkendara,” kata Ludhy.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.