Panik Gak! Kaca Mobil Mendadak Tak Bisa Ditutup Saat di Taman Safari

Kompas.com - 05/07/2021, 13:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur pengatur kaca otomatis atau power window menjadi perangkat penting dalam mobil. Komponen ini memudahkan pengemudi maupun penumpang untuk mengatur ketinggian kaca atau pun untuk membuka dan menutup kaca.

Kendati demikian, tidak jarang pemilik mobil mendapati fitur tersebut mengalami kemacetan, kaca seret atau tidak lancar saat kondisi naik ataupun turun.

Seperti yang dialami pemilik akun Tiktok bernama @nitaarhma. Dalam rekaman berdurasi 18 detik, terlihat power window mobil yang ditumpanginya mengalami macet.

Alhasil kaca tidak bisa ditutup, padahal saat itu dirinya sedang berada di dalam kawasan Taman Safari.

Baca juga: Belum Lancar Mengemudi Mobil Manual, Honda Brio Jalan Tersendat-sendat

Hal itu tentu membuat dirinya dan sang pengemudi panik. Namun, tak berselang lama petugas Taman Safari pun datang membantu.

“Akhirnya dibongkar (power window), tapi karena petugasnya tidak membawa peralatan lengkap, diakali pakai tali rafia. Pokoknya gimana caranya kaca mobil bisa ditutup, karena habis ini kita mau lewatin kandang singa,” ucap pemilik akun Tiktok dalam video tersebut.

@nitaarhma

Paniklah masa engga ##foryoupage ##oneprankaday ##tamansafaribogor ##tamansafari

? Panik Gak Panik Lah - Tiktokmusic

Menanggapi hal ini, Dealer Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, umumnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan fitur power window tidak berfungsi dengan sempurna.

Pertama, bisa dari rel kaca (run door glass). Sebab, jika ada kotoran atau debu yang tersangkut dalam rel kaca mobil bisa menghambat kinerja power window dan akhirnya membuat macet.

“Penyebab lainnya bisa disebabkan dari switch power window atau saklar yang sudah rusak. Ketika saklar rusak, maka akan menyebabkan power window macet,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/7/2021).

Didi menambahkan, pada awalnya, saklar atau switch masih bisa digunakan. Namun, lama-lama tidak akan berfungsi karena arusanya tidak terhubung dan menyebabkan kaca mobil tidak bisa naik turun.

Mengenal gejala kerusakan power windowStanly/Otomania Mengenal gejala kerusakan power window

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.