Selama PPKM Darurat Layanan SIM Keliling di Polres Gunungkidul Ditutup Sementara

Kompas.com - 05/07/2021, 12:02 WIB
Lokasi pelayanan SIM di Polres Gunungkidul Polres GunungkidulLokasi pelayanan SIM di Polres Gunungkidul

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Adanya PPKM Darurat di seluruh wilayah Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021 ini berdampak pada aktivitas pelayanan publik. Salah satunya adalah pelayanan SIM Polres tiap daerah.

Dalam keterangan resminya, Jumat (2/7/2021), Kasubdit SIM Korlantas Polri Kombes Pol Djati Utomo menjelaskan bahwa pelayanan SIM tetap bisa beroperasi dengan pembatasan jumlah pemohon per harinya.

"Bagi Satpas yang masuk dalam wilayah zona merah penyebaran Covid-19 dapat melayani pemohon maksimal 25 persen dari jumlah kapasitas normal. Sedangkan di luar wilayah zona merah dapat melayani 50 persen dari jumlah kapasitas normal," ujar Djati.

Baca juga: PPKM Darurat, Berikut Ini Titik Penyekatan di Jalan Tol

Meski begitu, Satlantas Polres Gunungkidul memutuskan untuk menghentikan sementara pelayanan SIM keliling dan SIM masuk desa selama masa PPKM Darurat ini. Penghentian pelayanan ini didasarkan atas tujuan untuk membatasi potensi kerumunan masyarakat dan mencegah penyebaran virus Covid-19.

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari NTMCPolri, Senin (5/7/2021), Aipda Aris selaku Baur SIM Unit Register dan Identifikasi Satlantas Polres Gunungkidul membenarkan penutupan sementara layanan SIM keliling tersebut.

“Untuk sementara layanan difokuskan di pengurusan SIM di Polres,” kata Aris menuturkan.

Baca juga: Diskon PPnBM 0 Persen Resmi Diperpanjang, Simak Harga Mobil Toyota

Selain itu diberlakukan pula pelonggaran perpanjangan bagi pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada rentang waktu 3-20 Juli. Jika biasanya SIM yang telat diperpanjang akan hangus, pada masa ini Aris mengatakan bahwa ada kelonggaran dan bisa melakukan perpanjangan hingga 27 Juli.

“Jadi sampai 27 Juli masih bisa perpanjang, tapi kalau sudah lewat harus membuat baru,” ungkap Aris.

Pelayanan perpanjangan SIM di Polres Gunungkidul pun diperpendek jam operasionalnya. Saat ini pelayanan hanya dibuka pada Senin-Kamis pukul 08.00-11.00 WIB dan Jumat-Sabtu pukul 08.00-10.00 WIB.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.