Kompas.com - 25/06/2021, 12:22 WIB
Kunci mobil Hyundai Kona KOMPAS.com/RulyKunci mobil Hyundai Kona

JAKARTA, KOMPAS.com - Immobilizer saat ini bisa dikategorikan sebagai sistem yang canggih dan andal untuk mencegah terjadinya pencurian mobil.

Mesin mobil hanya akan menyala jika kode transmisi pada kunci, sesuai dengan kode yang terdapat pada mobil. Jika kode tranmsisi pada kunci tidak cocock, maka mesin mobil tidak akan menyala.

Lalu, apakah kunci immobilizer dapat diduplikasi secara bebas?

Baca juga: Sudah Tahu, Penyebab Utama Ban Pecah Saat Hantam Lubang

Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, kunci immobilizer hanya dapat diduplikat di diler resmi.

“Immobilizer memang diciptakan sebagi tambahan fitur anti-maling, jadi walaupun kunci sudah diduplikat dan silindernya pas dengan lubang kunci yang ada pada mobil. Kalau transpoter chip tidak mengirim signal ke mobilnya, mesin mobil tidak akan mau nyala,” ujar Anjar kepada Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

duplikasi kunci immobilizerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda duplikasi kunci immobilizer

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senada dengan Anjar, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, immobilizer sudah menjadi sistem keamanan tertinggi pada mobil. Sehingga mobil tidak akan bisa dicuri dengan mudah.

Baca juga: Pabrik Hyundai Rampung Akhir 2021, Kapasitas 250.000 Unit per Tahun

“Ketika kunci immobilizer diduplikasi, kunci tersebut mungkin akan pas namun tetap tidak akan bisa distarter, mesin tidak akan hidup. Karena untuk menduplikasi kunci tersebut ada kode-kode yang memang hanya diketahui oleh diler resmi” ujar Didi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X