Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Smart Key pada Mobil Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 25/06/2021, 10:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Smart key merupakan teknologi canggih yang memudahkan pengemudi membuka, serta menyalakan mobil tanpa harus menggunakan anak kunci.

Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa membuat mobil menjadi lebih aman dari incaran maling karena biasanya ada chip immobilizer.

Namun, bagaimana jika tiba-tiba smart key mengalami gangguan atau rusak sehingga tidak dapat berfungsi secara normal?

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, salah satu masalah yang kerap terjadi pada smart key adalah habis baterai.

Baca juga: Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Hal ini lantaran, kebanyakan para pemilik kendaraan tidak memperhatikan soal kondisi baterai, sehingga ketika ini terjadi akan menyulitkan pengemudi untuk membuka atau menghidupkan mobil.

“Partanda baterai melemah bisa ditandai dengan respon yang lambat saat ingin mengunci kendaraan dari jarak satu atau dua meter. Saat ini terjadi kita harus lebih dekat jaraknya dengan kendaraan,” ujar Anjar kepada Kompas.com, ujar Anjar kepada Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Smart key Nissan dan tombol engine start stop milik Mitsubishi.Wikipedia Smart key Nissan dan tombol engine start stop milik Mitsubishi.

Baterai smart key yang melemah biasanya akan memengaruhi fungsi, bahkan beberapa kasus tidak bisa menyalakan start pada mesin mobilnya.

Kendati demikian, Dealer Technical Sepport Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, smart key tetap bisa digunakan untuk menyalakan mesin dengan sinyal yang rendah.

Baca juga: Masih Banyak Pengendara yang Ngebut Tanpa Tahu Risikonya

“Untuk pengguna mobil Toyota, saat smart key tidak berfungsi dekatkan logo Toyota dibalik kunci ke tombol start engine. Dengan begitu mesin bisa menyala,” ucap Didi.

Didi menyarankan, sebaiknya pemilik kendaraan tidak lupa untuk selalu mengecek masa baterai.

“Ketika sudah mendapat tanda respon melemah, sebaiknya dilakukan pergantian baterai agar smart key dapat bekerja secara optimal,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com