Benang Layangan Bawa Petaka, Ini Tips Aman bagi Pengguna Motor

Kompas.com - 25/06/2021, 12:02 WIB
Tangkapan layar video pengendara sepeda motor terjerat benang layangan. Tangkapan layar video pengendara sepeda motor terjerat benang layangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermain layangan tentu jadi salah satu hiburan yang mengasyikan. Namun jika di lokasi salah bisa menimbulkan bahaya. Bukan hanya untuk diri sendiri namun juga orang lain.

Belum lama ini beredar video yang memperlihatkan seorang pengendara sepeda motor terjatuh akibat terjerat benang layangan yang melintang di jalan.

Dari video yang diunggah akun instagram @dashcam_owners_indonesia pada Jumat (25/6/2021), pengendara motor tersebut terlihat kesulitan dan membutuhkan waktu beberapa saat untuk bisa melepaskan diri dari jeratan benang layangan.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Hyundai Kona Electric Sampai 5 Tahun

Berkaca dari kejadian tersebut, pengendara motor tentu wajib untuk selalu waspada dengan situasi di sekitarnya saat berkendara.

Sebab potensi bahaya selalu ada setiap saat, bahkan terkadang sulit untuk diprediksi. Apalagi benang layangan memiliki wujud yang tipis sehingga mudah terlewatkan dari perhatian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Menanggapi hal tersebut, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana menjelaskan bahwa penggunaan riding gear atau perlengkapan berkendara yang lengkap jadi hal yang wajib guna menghindari fatalitas kecelakaan akibat benang layangan.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Denda Pajak Kendaraan di Jawa Barat

"Untuk mengurangi efek fatalitas ketika kita kecelakaan salah satunya adalah dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang aman, mulai dari kepala hingga kaki," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/6/2021).

Dengan riding gear yang lengkap, apabila terjatuh saat tersangkut benang layangan, efeknya tidak akan parah. Sebab perlengkapan yang dikenakan mampu melindungi tubuh dari cedera fatal.

Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendaraimambudi Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendara

Pada beberapa kasus, ada pula pengendara yang meninggal akibat benang layangan menjerat lehernya. Oleh sebab itu penggunaan jaket sebagai salah satu bagian dari kelengkapan riding gear harus bisa melindungi leher penggunanya.

Baca juga: Daftar Sedan Bekas Rp 50 Jutaan di Bandung

"Memang sebaiknya jaket yang digunakan dalam berkendara adalah yang dapat melindungi sampai bagian leher," kata Agus menambahkan.

Selain pemakaian riding gear yang lengkap, Agus pun menyarankan agar selalu fokus dan konsentrasi dalam berkendara.

Fakta bahwa benang layangan yang tipis sulit untuk dilihat memang benar. Namun dengan menjaga fokus saat berkendara, maka kita mampu bereaksi dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X