Apa yang Harus Dilakukan Pemilik Mobil jika Kunci Immobilizer Hilang?

Kompas.com - 25/06/2021, 08:12 WIB
Contoh kunci immobilizer Otomania/Setyo AdiContoh kunci immobilizer

JAKARTA.KOMPAS.com - Immobilizer menjadi teknologi pengaman kendaraan roda empat yang cukup membantu pemilik mobil dalam mencegah adanya pencurian.

Bahkan, teknlogi ini diklaim menjadi salah satu sistem pengaman kendaraan yang paling canggih saat ini.

Sistem pengamanan ini menggunakan transponder yang ada pada anak kunci dan langsung terkoneksi dengan Electronic Control Unit (ECU).

Dengan teknologi ini, hanya anak kunci asli yang datanya sudah terdaftar di ECU saja yang bisa digunakan untuk menghidupkan mesin mobil.

Baca juga: Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Namun, bagaimana jika anak kunci immobilizer hilang?

Dealer Technical Sepport Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika anak kunci hilang dan masih ada kunci cadangan bisa saja dilakukan duplikasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tetapi, jika satu anak kunci hilang sebaiknya dilakukan penghapusan data dari sistem ECU, agar lebih aman. Karena kunci yang hilang bisa saja digunakan orang lain,” ucap Didi belum lama ini kepada Kompas.com.

Proses duplikasi kunci immobilizer pada kendaraanOtomania/Setyo Adi Proses duplikasi kunci immobilizer pada kendaraan

Didi menjelaskan, nantinya enkripsi kunci yang hilang itu bakal dihapus dari sistem ECU. Dengan penghapusan data ini, otomatis anak kunci yang hilang tadi sudah tidak bisa digunakan lagi untuk menyalakan mobil, meskipun anak kunci bisa masuk ke kontak.

Hal senada juga diucapkan oleh Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi. Menurut Bambang, penghapusan data kunci yang hilang ini tujuannya untuk keamanan, dan penghapusan data bisa dilakukan dibengkel resmi.

Baca juga: Masih Banyak Pengendara yang Ngebut Tanpa Tahu Risikonya

“Untuk kunci yang hilang, data kunci sebaiknya dihapus dan itu bisa dilakukan di bengkel. Selanjutnya dilakukan pendaftaran baru lagi,” ucapnya.

Kemudian, bagi pemilik kendaraan yang ingin membuat kunci cadangan yang baru bisa juga mengajukan duplikasi. Sehingga jika nantinya salah satu kunci tercecer atau lupa menempatkannya bisa menggunakan kunci cadangan yang sudah terdaftar di ECU.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X