Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Parkir Mundur Pakai Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 25/06/2021, 09:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir merupakan aktivitas terakhir dari proses berkendara. Bagi sebagian orang, parkir mobil dalam keadaan mundur apalagi dengan yang sempit merupakan kesulitan tersendiri. Bukan hanya skill, namun kewaspadaan terhadap lingkungan mengemudi juga harus diperhatikan.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, untuk parkir dalam keadaan mundur, pengemudi harus tetap waspada. Apalagi jika menggunakan mobil dengan transmisi matik.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Hyundai Kona Electric Sampai 5 Tahun

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," kata marcell kepad Kompas.com beberapa waktu lalu.

Membantu memantau area belakang saat keluar parkir mundurhonda Membantu memantau area belakang saat keluar parkir mundur

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, pada saat parkir menggunakan mobil matik pastikan kaki hanya berada pada pedal rem. Kalaupun pengemudi membutuhkan untuk menginjak pedal gas, disarankan untuk menginjak pedal gas secara perlahan.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Denda Pajak Kendaraan di Jawa Barat

Pada saat akan parkir mundur, pengemudi harus memastikan terlebih dahulu ruangan untuk parkir. Pastikan tidak ada halangan yang membahayakan ataupun yang akan mengganggu pada saat kendaraan mundur. 

Pastikan juga tidak hanya mengandalkan spion mobil pada saat mundur. Karena pandangan di spion mobil tidak menyeluruh, ada blind spot atau titik buta yang tidak terlihat oleh pengemudi.

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

Pengemudi dapat menggunakan teknologi yang ada di kendaraan seperti sensor parkir dan kamera mundur. Sehingga bisa terlihat atau terdeteksi apa saja yang ada di belakang mobil. Dengan begitu, maka mobil akan aman dan dipastikan tidak menabrak sesuatu.

Baca juga: Bahas Interior Daihatsu Rocky 1.2L ADS dan 1.0L ASA

"Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja bisa tidak terlihat dari spion tengah kendaraan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur," Ucap Marcell.

Marcell menambahkan, dalam melakukan aktivitas parkir, pengemudi diharap selalu waspada dengan lingkungan sekitarnya. Karena banyak kejadian kecelakaan dalam kecepatan rendah terjadi pada saat pengemudi sedang parkir. Maka dari itu kewaspadaan pengemudi sangat diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com