Salin Artikel

Sering Terjadi, Ini Kesalahan Saat Pasang Dongkrak

JAKARTA, KOMPAS.com – Dongkrak merupakan alat yang berguna dalam keadaan darurat. Terutama jika mengalami masalah di seputar kaki-kaki, seperti ban, pelek, rem, suspensi, dan sebagainya.

Pabrikan sebetulnya telah merancang agar dongkrak mobil mudah dan aman digunakan, semisal ketika terjadi ban kempis atau bocor.

Meski begitu, masih banyak pengemudi yang tidak paham dan kerap melakukan sejumlah kesalahan sewaktu menggunakan dongkrak.

“Pengemudi pemula biasanya bingung lokasi penyimpanan dongkrak di mobilnya,” ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Biasanya peralatan seperti dongkrak maupun kunci-kunci perkakas terletak di bagasi belakang. Ada yang tersimpan di lantai bagasi atau di dinding bagian samping, atau bahkan menempel di pintu belakang.

Tak sedikit juga yang berada di kolong jok penumpang depan atau tempat lainnya. Pemilik wajib mengetahui posisi dongkrak lewat buku manual, agar tidak bingung waktu dibutuhkan.

“Kemudian yang sering juga tidak tahu cara membuka atau mengeluarkan ban serep. Biasanya pengemudi kesulitan mengeluarkan ban serep mobil yang berada di kolong,” ucap Sony.

Padahal tiap pabrikan biasanya sudah menyertakan panduan untuk menggunakan ban serep. Lagi-lagi, pengemudi sebaiknya membaca buku manual untuk mengetahui prosesnya.

Setelah berhasil mengeluarkan dongkrak, ada sejumlah pengemudi yang salah menempatkan posisinya.

“Prinsipnya, tempatkan dongkrak di bidang yang datar dan padat agar tetap seimbang saat didongkrak. Pastikan area tersebut tidak amblas,” kata Sony.

“Kemudian cari titik tumpu yang tepat. Di beberapa mobil ada yang menyediakan titik khusus di bagian kolong untuk dongkrak. Ada juga di sepanjang garis frame body kanan dan kiri,” ujar dia.

Setelah roda terangkat, segera ganti ban yang kempis atau bocor dengan ban cadangan. Kemudian pasang dan kencangkan baut roda, tapi jangan langsung dikunci.

Lakukan pengencangan baut roda dengan urutan menyilang. Penguncian baut baru dilakukan jika roda telah diturunkan dan dongkrak dilepaskan.

Terakhir, pastikan untuk menaruh kembali peralatan dongkrak pada tempatnya. Hal ini perlu demi mencegah alat-alat itu tertinggal di pinggir jalan atau terlempar ketika mobil sedang berjalan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/24/182100315/sering-terjadi-ini-kesalahan-saat-pasang-dongkrak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.