Komparasi Seberapa Irit BBM Skutik Retro Honda, Scoopy Vs Genio

Kompas.com - 23/06/2021, 10:02 WIB
Honda Genio KOMPAS.com/GilangHonda Genio

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda memiliki dua skuter matik (skutik) yang tak hanya secara desain saja mirip. Bahkan, mesin yang digunakan pun sama, yakni Honda Scoopy dan Honda Genio.

Kedua skutik ini sama-sama dibekali dengan mesin berkapasitas 109 cc. Diameter piston dan langkahnya juga sama, yakni 47 mm dan 63,1 mm.

Baca juga: Komparasi Skutik Retro Honda, Scoopy vs Genio

Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 8,8 tk pada putaran mesin 7.500 rpm. Sedangkan torsinya, 9,3 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Meski mesin yang diusung sama, tapi bukan berarti konsumsi BBM-nya juga sama. Sebab, bobot kedua skutik ini berbeda. Scoopy beratnya 95 kg dan Genio 90 kg.

Menurut pengetesan yang dilakukan Honda dengan metode ECE-R40, konsumsi bahan bakar Scoopy tercatat 59 km/liter. Sedangkan Genio, konsumsi bahan bakarnya 59,1 km/liter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Beda Pasar Scoopy dan Genio, Ini Kata Honda

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan Kompas.com, dengan metode full to full, rata-rata konsumsi bahan bakar Genio tercatat mencapai 54,33 km/liter. Sementara untuk Scoopy, konsumsi bahan bakarnya tembus 58,38 km/liter.

All New Honda ScoopyFoto: KOMPAS.coKOMPAS.com/Gilang/Gilang All New Honda Scoopy

Dalam pengetesan tersebut, Kompas.com menggunakan teknik berkendara yang normal. Tidak mengendarainya dengan teknik eco riding.

Meski demikian, hasil pengetesan bisa saja berbeda pada setiap orang, tergantung dari kondisi lalu lintas, tekanan udara pada ban, cara berkendara, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.