Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana jika Tombol Pengunci Tuas Transmisi Matik Rusak?

Kompas.com - 21/06/2021, 09:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi matik dengan model tuas straight atau lurus pada umumnya dilengkapi dengan tombol khusus di bagian atas gagang.

Tombol tersebut berguna sebagai pengunci, dikenal juga dengan sebutan release button atau shift knob button.

Saat pengendara akan memindahkan tuas dari posisi P (parking) ke R (reverse) atau langsung menuju D (drive), tombol tersebut wajib ditekan. Bila tidak, tuas transmisi tidak akan bergerak.

Mengingat peranannya yang begitu penting, bagaimana jika tombol tersebut mengalami kerusakan saat mobil sedang digunakan?

Baca juga: Intip Spesifikasi Motor Listrik Energica Ego+ yang Ada di Indonesia

Contoh seperti tombol yang tak mau balik ke posisi awal atau jebol karena pernya yang patah atau rusak.

Kepala Bengkel Auto2000 Suparna mengatakan, bila hal itu sampai terjadi, pemilik kendaraan harus segera membawa mobil ke bengkel terdekat.

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

“Jika masih memungkinkan jalan ke bengkel segera dibawa, tapi kalau tidak, obatnya hanya memanggil derek atau towing untuk bawa mobil ke bengkel. Sebab, bila tombol release rusak, maka otomatis pengendara tak bisa pindahkan gigi baik ke R, apalagi ke posisi jalan (D),” ucap Suparna belum lama ini kepada Kompas.com.

Menurut Suparna, hal ini memang menjadi salah satu kelemahan pada mobil dengan model tuas transmisi straight. Beda halnya dengan model zigzag atau gate yang sistemnya lebih simpel tampa tombol.

Baca juga: Harga Mobil Murah Agya dan Calya di Makassar per Juni 2021

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menambahkan, ketika tombol knob rusak memang sangat menjengkelkan, apalagi kondisinya sedang dalam perjalanan.

“Tombol itu kan fungsinya seperti pengaman, jadi mengunci agar transmisi tak mudah geser. Kalau rusak dalam perjalanan, untuk orang yang paham bila darurat mungkin bisa diakali dengan mekanisme dalam knob-nya, tapi ini sifatnya sementara. Setelah itu tetap harus ke bengkel,” kata Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com