Ada Tombol Pengunci pada Tuas Transmisi Mobil Matik, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 21/06/2021, 08:12 WIB
Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mobil dengan transmisi otomatis (matik) kerap dipilih oleh konsumen otomotif. Sebab, bisa membuat pengemudi lebih santai dalam berkendara tanpa perlu repot memindahkan transmisi atau menggerakan kedua kaki.

Perlu diketahui, tuas transmisi pada mobil matik umumnya memiliki 3 model, yaitu gate (zigzag), straight (lurus), dan knob. Khusus yang terakhir masih jarang ditemui, karena hanya disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Biasanya pada tuas dengan model straight terdapat tombol pengunci pada bagian tuasnya. Sedangkan untuk model zigzag tidak memiliki tombol pengunci tersebut.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2021; Quartararo Teratas, Marquez Posisi 10, Rossi 19

Lantas, apa sebenarnya fungsi tombol tersebut?

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, pada dasarnya fungsi tombol pada tuas tersebut adalah untuk mencegah transmisi berpindah secara tidak sengaja.

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pengunci tombol tersebut berfungsi sebagai keamanan, untuk menghindari kalau kita tidak sengaja menyenggol tuas tersebut atau tergeser tidak sengaja,” ucap Anjar saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/6/2021).

Anjar menambahkan, sedangkan kalau untuk model gate memang jarang yang menggunakan tombol pengunci, karena agak sulit untuk tergeser secara tidak sengaja.

Baca juga: Kejar Marquez, Oliveira Sebut Seperti Kejar-kejaran Kucing dan Tikus

Pada kesemapatan berbeda, Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM Didi Ahadi mengatakan, pernyataan yang sama. Ketika transmisi berpindah dari P (Parkir) ke N (Netral) pengemudi harus menekan tuas pengunci tersebut.

“Jika tidak ada pengunci, ketika tuas tidak sengaja tersenggol bisa saja membuat mobil langsung bergerak dan akan berbahaya bagi si pengemudi dan penumpang, juga orang yang berada di sekitar,” ujar Didi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.