Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEV Toyota Ludes di Indonesia, Tegaskan Komitmen Elektrifikasi

Kompas.com - 21/06/2021, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia menegaskan tidak anti terhadap pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) di dalam negeri guna mencapai lingkungan bersih tanpa emisi.

Hanya saja memang strategi produsen besar asal Jepang tersebut pada elektrifikasi di Tanah Air akan dimulai dari mobil hybrid atau hibrida lebih dahulu, sebagaimana dikatakan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.

Langkah ini nantinya tidak hanya dengan menjual produk impor. Tetapi produksi secara langsung atau local production, yang rencananya dimulai pada 2022 mendatang.

Baca juga: Toyota Siapkan Generasi Baru Land Cruiser Masuk Pasar Indonesia

Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama, yakni pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert (LDA), dan adaptive high beam system (AHS).DOK. LEXUS INDONESIA Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama, yakni pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert (LDA), dan adaptive high beam system (AHS).

"Jadi jangan salah prasangka bahwa Toyota tidak ingin meluncurkan BEV. Tapi memberikan pilihan ke konsumen juga penting, itulah yang kita lihat," ujar dia dalam konferensi virtual belum lama ini.

"Kita sudah punya mulai dari hybrid, plug-in-hybrid (PHEV), sampai BEV lewat merek dagang Lexus, (UX 300e) yang penerimaannya di segmen menengah ke atas cukup baik," lanjut Anton.

Di satu sisi, Toyota juga tengah menggelar proyek EV Smart Mobility di Nusa Dua Bali dengan menghadirkan 30 mobil listrik yang terdiri dari 20 unit Toyota Coms, 5 unit Toyota C+Pod, dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Coms dan C+pod merupakan mobil listrik murni terbaru dari Toyota yang seluruhnya ditenagai baterai. Mobil ini dapat digunakan oleh masyarakat dan turis di dalam kawasan terkait supaya mendorong percepatan ekosistem elektrifikasi.

Kemudian melihat permintaan BEV, melalui Lexus UX 300e sendiri, Anton menyebut sudah mulai menjadi satu pilihan menarik bagi segmen medium-high atau premium.

Baca juga: Mobil Diam Terlalu Lama, Ban Bisa Rusak

Toyota C+ Pod kendaraan listrik dua penumpang yang menarik. Kompas.com mencoba di area terbatas meski sangat disayangkan mobil ini tidak dijual di Indonesia Toyota C+ Pod kendaraan listrik dua penumpang yang menarik. Kompas.com mencoba di area terbatas meski sangat disayangkan mobil ini tidak dijual di Indonesia

Sebab dari alokasi 12 unit yang disiapkan hingga akhir tahun ini, sudah habis terjual alias sold out.

"Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya Toyota akan consider untuk membawa BEV ke pasar tersebut. Tapi jika ditanya sekarang, saya belum bisa menjawab karena masih diskusi dengan prinsipal," ujar Anton.

"Sekali lagi, kami tidak alergi untuk masuk di segmen elektrifikasi manapun sesuai kebutuhannya," lanjut Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com