Impresi Berkendara Kia Sonet 7-Seater di Dalam Kota

Kompas.com - 20/06/2021, 17:01 WIB
Kia Sonet 7-Seater KOMPAS.com/RulyKia Sonet 7-Seater
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati tidak mengalami perubahan pada bagian dapur pacu serta dimensinya, Kia Sonet berkapasitas tujuh penumpang atau 7-Seater masih menyajikan impresi berkendara menarik.

Pasalnya, kombinasi mesin Gamma II DOHC, Dual CVVT berkubikasi 1.493 cc dan transmisi CVT Intelligent Variable Transmission (IVT) 8 percepatan di balik kap mesin mobil masih sangat mumpuni.

Padahal selama pengujian Sonet 7-seater di dalam kota, tak jarang tim redaksi Kompas.com mengisi penuh kursi penumpang yang ada. Hanya saja memang ada rasa yang berbeda dibandingkan varian 5-penumpangnya.

Baca juga: Konsumsi BBM Kia Sonet 7-Seater Saat Digunakan di Dalam Kota

Review Kia Sonet 7 Seater. SUV kompak dengan tujuh tempat duduk, pilihan menarik di kelasnya Review Kia Sonet 7 Seater. SUV kompak dengan tujuh tempat duduk, pilihan menarik di kelasnya

Dalam keadaan stop-and-go, tarikan pada putaran bawah mesin ini tidak cukup mengisi. Sehingga respons yang diberikan saat hendak berakselerasi tidak lebih baik dari varian 5-penumpang.

Tetapi bila kursi penumpang tidak terisi penuh, akselerasi langsung terasa beda. Apalagi bila kontur jalan cukup berliku maupun terjal, hal tersebut lebih terasa perbedaannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk handling, masih sangat baik karena dimensi mobil yang kompak dengan disisipkan electronic stability control (ESC). Tapi memang untuk gejala limbung saat bermanuver tajam masih sedikit terasa.

Test drive Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Ruly Test drive Kia Sonet 7-Seater

Kemudian pada putaran atas, tenaga mobil terbilang masih terisi. Cukup memuaskan meski Sonet 7-Seater belum disematkan turbo sebagaimana beberapa kompetitornya.

Apalagi ketika pedal gas di kick down, tak butuh waktu lama untuk Sonet langsung berakselerasi. Ditambah lagi, perpindahan gigi transmisi IVT-nya juga cukup smooth tanpa ada hentakan.

Baca juga: Rasanya Menjadi Penumpang di Kia Sonet 7-Seater

Review Kia Sonet 7 Seater. SUV kompak dengan tujuh tempat duduk, pilihan menarik di kelasnya Review Kia Sonet 7 Seater. SUV kompak dengan tujuh tempat duduk, pilihan menarik di kelasnya

Bila ingin merasakan lebih optimal tenaganya, tinggal pilih mode Sport yang membuat putaran mesin terasa lebih responsif. Sementara untuk penggunaan hari-hari cukup di Eco atau Normal.

Kia Sonet juga hadir dengan tiga pilihan traksi untuk menyesuaikan kebutuhan medan jalan yang dilalui, yakni Mud, Sand, dan Snow.

Tetapi bukan berarti mobil ini tanpa kekurangan. Absennya fitur paddle shift membuat sensasi berkendara menjadi kurang sempurna.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X