Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Animonya Tinggi, Drag Race Truk Akan Digelar Lagi

Kompas.com - 15/06/2021, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Drag race untuk truk bisa dikatakan belum pernah ada sebelumnya. Secara resmi, ajang balap ini digelar pertama kalinya oleh Venture Sport Club (VSC) Yogyakarta.

Dalam ajang New Normal VSC Drag Race Open Championship 2021, drag race truk ini digelar di Sirkuit Lanur Gading Wonosari Gunungkidul, Sabtu (12/6/2021) lalu.

Baca juga: Video Viral Truk Adu Balap, Tuai Pujian Netizen

Ketua VSC Yogyakarta Najib M. Saleh, mengatakan, karena digelar dadakan, tidak direcanakan dari awal, makanya cuma sedikit yang ikut.

Drag race untuk truk yang digelar oleh VSC YogyakartaDok. @garasicustome Drag race untuk truk yang digelar oleh VSC Yogyakarta

"Saya bilang, kalau cuma dua atau tiga peserta, tidak akan saya buka kelasnya. Tapi, kalau bisa lebih, baru saya buka," ujar Najib, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Najib menambahkan, ada 12 starter yang akhirnya ikutan ajang balap trek lurus ini. Bahkan, dengan biaya pendaftaran Rp 1 juta pun tetap banyak yang mau ikutan.

Baca juga: Kejadian Lagi Truk ODOL Terguling, Dilema Pengemudi

"Sempat ada salah satu peserta yang menyebutkan jika dikabarkan dari jauh-jauh hari, teman-teman dari luar banyak yang mau datang, dari Malang juga," kata Najib.

Drag race untuk truk yang digelar oleh VSC YogyakartaDok. @romansasopirtruck Drag race untuk truk yang digelar oleh VSC Yogyakarta

Najib mengatakan, pihaknya mau saja untuk menggelar lagi drag race truk ini. Tapi, jika dari pihak Lanud, selaku pemilik tempat mengizinkan.

"Kalau dari komisi PP IMI sih, kemarin sudah kontak, mereka apresiasi juga. Bahkan, diharapkan nanti peserta bisa diberikan edukasi, seperti safety, cara mengemudi yang benar, dan lain-lain," ujar Najib.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GarasiCustome_12 (@garasicustome)

Menurutnya, drag race truk ini di satu sisi menarik dan peserta juga senang. Tapi, di sisi lain, pihaknya memiiliki keterbatasan sirkuit dan masih perlu dibuatkan regulasi.

"Jadi, untuk sekarang ekshibisi dulu. Jaraknya yang sekarang 201 meter. Idealnya mungkin di 402 meter. Itu kemarin rata-rata kecepatannya 80 km/jam," kata Najib.

Drag race untuk truk yang digelar oleh VSC YogyakartaDok. @truck_racing_indonesia Drag race untuk truk yang digelar oleh VSC Yogyakarta

"Saya ada jadwal kejurnas di Jogja 16-17 Oktober. Juli juga ada rencana, tapi belum pasti. Kalau melihat animonya, ini kemungkinan akan menginspirasi yang lain," ujarnya.

Tak menutup kemungkinan jika suatu saat di daerah lain digelar juga drag race truk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com