Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Ajak Komunitas Motor Pulihkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 15/06/2021, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak pandemi Covid-19 bisa dikatakan menyerang semua lini. Salah satu yang berdampak adalah pariwisata dan ekonomi kreatif.

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung komunitas motor dengan Wonderful Ride.

Baca juga: Komunitas Jajal All New CB150R StreetFire Touring ke Green Canyon

Wonderful Ride sendiri merupakan pilot project sebuah konsep perjalanan bermotor menelusuri jalur wisata andalan dengan melibatkan selebritas, seperti Tora Sudiro, dan Darius Sinathrya.

Kemenparekraf dan komunitas motor menggelar Wonderful RideDok. Wonderful Ride Kemenparekraf dan komunitas motor menggelar Wonderful Ride

Wonderful Ride mengajak komunitas motor untuk berperan serta memulihkan kembali sektor pariwisata yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Perjalanan ini akan menyambangi jalur-jalur wisata unggulan di Jawa Tengah pada 15-17 Juni 2021.

Komunitas motor menjadi salah satu bagian penting dalam pengembangan dunia pariwisata di Indonesia dengan aktivitas touring-nya. Keberadaan destinasi wisata di berbagai daerah dengan mudah bisa dijangkau oleh para bikers sebagai tujuan pelesir masyarakat.

Baca juga: Ingin Touring Naik Motor, Perhatikan 3 Hal Berikut

Selain itu, dalam konteks ekonomi kreatif, industri sepeda motor merupakan salah satu segmen yang terus berkembang dinamis dengan beragam kreasi para penggiatnya.

Kemenparekraf dan komunitas motor menggelar Wonderful RideDok. Wonderful Ride Kemenparekraf dan komunitas motor menggelar Wonderful Ride

Hal inilah yang menjadi salah satu dasar Kemenparekraf untuk membuat Wonderful Ride dikaitkan dengan program Gerakan Bersama komunitas (Geber Komunitas). Peran komunitas adalah turut serta mensosialisasikan program Kemenparekraf untuk membiasakan masyarakat berwisata #DiIndonesiaAja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, meminta semua pihak untuk ambil peran dalam menggairahkan kembali pariwisata di Indonesia, termasuk komunitas motor.

Baca juga: BMW R18 Touring Tertangkap Kamera Saat Tes Jalan

"Dengan program Wonderful Ride kita akan melewati jalur-jalur wisata di Jawa Tengah dan bertemu dengan komunitas motor lokal untuk sosialisasi penerapan protokol kesehatan CHSE di kawasan wisata daerah,” ujar Sandi, dalam keterangan resminya.

Kemenparekraf dan komunitas motor menggelar Wonderful RideDok. Wonderful Ride Kemenparekraf dan komunitas motor menggelar Wonderful Ride

Dalam perjalanannya, rombongan Wonderful Ride ini juga akan melakukan diskusi interaktif dengan komunitas motor, pembersihan toilet di lokasi wisata, serta penanaman pohon.

Baca juga: Habis Touring Panjang, Motor Perlu Perawatan Ulang

Tora Sudiro, mengatakan, dirinya menyambut baik diadakannya acara Wonderful Ride ini, karena bentuk kontribusi positif komunitas motor terhadap dunia pariwisata sambil menikmati hobinya, yakni touring.

"Sudah seharusnya komunitas motor itu bersinergi dengan pemerintah untuk ikut mendorong pemulihan dunia pariwisata di Indonesia. Mereka bisa memberikan informasi akses dan fasilitas sebuah tujuan wisata kepada masyarakat dari hasil touring-nya,” kata Tora.

Darius Sinathrya, menambahkan, bahwa dibutuhkan kolaborasi antara komunitas motor dengan stake holder di sektor pariwisata dan ekomomi kreatif.

"Sudah banyak contoh berbagai kegiatan bermotor seperti adventure memiliki nilai positif dalam kaitannya dengan dunia pariwisata di daerah. Mereka bisa menjangkau tempat-tempat baru yang berpotensi menjadi tujuan wisata bagi masyarakat umum," ujar Darius.

Beberapa lokasi yang akan dikunjungi program Wonderful Ride, yakni Forest Coffee, Candi Arjuna Dieng, Desa Wisata Posong Temanggung, Gua Kriskendo Kulon Progo, Desa Wisata Tuk Songo Borobudur, Tugi Yogyakarta dan Desa Wisata Jagalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com