Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Touring Naik Motor, Perhatikan 3 Hal Berikut

Kompas.com - 13/06/2021, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Touring atau melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor merupakan aktivitas yang menuntut kondisi fisik pengendara dan kesiapan motor.

Antonius Widiantoro, Manager of Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM), mengatakan, saat touring ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Semarang, Dapat Starlet sampai BMW

Mulai dari segi kondisi motor, kesiapan pengendara sampai dengan pemahaman rute jalan yang akan dilalui dan lain sebagainya.

Touring sepeda motorFoto: Yamaha Touring sepeda motor

“Kegiatan touring bersama rekan-rekan komunitas memang menjadi salah satu agenda menyenangkan yang sering dilakukan oleh para bikers Akan tetapi perlu diketahui, bahwa persiapan touring cukup banyak dan tidak bisa dianggap sepele demi menunjang keselamatan dan kenyamanan di sepanjang perjalanan," katanya dalam rilis resmi, Sabtu (12/6/2021).

Oleh karena itu, kata Anton, Yamaha Indonesia ingin berbagi tips mengenai hal apa saja yang perlu dipersiapakan sebelum melakukan touring.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

1. Kendaraan

Perjalanan jarak jauh memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikan sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor, seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik.

Agar mempermudah, tidak ada salahnya membawa motor ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perawatan berkala.

Khusus konsumen Yamaha, bahkan dapat memanfaatkan fitur layanan pada aplikasi My Yamaha Motor untuk melihat lokasi bengkel resmi terdekat dan juga informasi Service Kunjung Yamaha (SKY).

Touring sepeda motorFoto: Yamaha Touring sepeda motor
2. Kondisi Tubuh

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik sebaik mungkin.

Tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara.

Jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah di perjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.

3. Rute 

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan di jalan.

Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com