Mobil Jadul Mau Pasang Power Window Mobil, Ini Harganya

Kompas.com - 13/06/2021, 14:01 WIB
Mengenal gejala kerusakan power window Stanly/OtomaniaMengenal gejala kerusakan power window
|

SOLO, KOMPAS.com - Mobil dengan keluaran tahun lama biasanya belum memiliki pengatur kaca otomatis atau power window. Untuk membuka atau menutup kaca mobil masih manual, dengan cara memutar handle yang ada di pintu.

Namun kebanyakan untuk mobil lawas, handle sudah sulit diputar karena berat atau malah ada handle yang sudah tidak bisa berfungsi lagi. Hal ini terjadi karena sudah termakan usia atau rusak karena ada komponen yang patah.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Yogyakarta

Maka dari itu, banyak pengguna mobil lawas melakukan ubahan dengan cara menggantinya dengan yang otomatis. Ubahan tersebut dimaksudkan untuk lebih mudah saat membuka tutup kaca dan terlihat lebih mewah.

seorang teknisi tengah melakukan perbaikan power window di bengkel Berdikari Jaya di Solo, Jateng. Ari Purnomo seorang teknisi tengah melakukan perbaikan power window di bengkel Berdikari Jaya di Solo, Jateng.

Salah satu pegawai bengkel spesialis pintu mobil, Primandiri di Solo, Jawa Tengah, Heru mengatakan, untuk memasang power window pada mobil lama bisa dilakukan. Hal itu perlu menambahkan panel dan juga dinamo atau alat untuk menggerakkan kaca.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Awas Macet, Malam Ini Ada Pemeliharaan Jalan di Tol Jakarta-Cikampek

Untuk kisaran harga, biasanya bengkel spesialis pintu akan mematok harga tiap pintu.  Ada juga yang memasang dengan sistim borongan semuanya sekaligus.

"Kalau pasang baru itu ada yang sampai satu juta per pintunya ada juga yang murah itu sekitar Rp 450.000 juga ada, tergantung nanti kulaitas dinamonya juga," kata Heru kepada Kompas.com, Sabtu (12/6/2021).

Power window switch dengan fitur auto up untuk Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sirion, Daihatsu Great New Xenia, dan Toyota Grand New Avanza. @achmad_subechi/Instagram Power window switch dengan fitur auto up untuk Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sirion, Daihatsu Great New Xenia, dan Toyota Grand New Avanza.

Heru juga mengatakan, selain dinamo yang membuat power window mahal yakni panel tombol power window. Mobil yang tidak dilengkapi dengan power window juga tidak disediakan tempat atau dudukan untuk tempat tombol power window.

Baca juga: Ini 4 Motor Sport Fairing yang Pernah Jadi Idola Remaja 90-an

"Kan itu nanti tombolnya atau switch nya juga tergantung permintaan, mau yang orisinil atau kadang ada yang mau pasang yang biasa saja asalkan power window bisa jalan," kata Heru.

Untuk menghemat biaya, ada juga konsumen yang hanya memasang di beberapa bagian pintu saja, tidak secara keseluruhan. Misalnya hanya yang bagian depan kanan kiri, atau hanya bagian depan kanan saja.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X