Penyebab Motor Selip, Bahaya Laten di Jalan Raya

Kompas.com - 13/06/2021, 12:21 WIB
Salah satu kondisi jalan yang berbahaya ketika basah, luberan lumpur. Donny AprilianandaSalah satu kondisi jalan yang berbahaya ketika basah, luberan lumpur.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Slip atau juga disebut selip merupakan kondisi hilangnya kontrol pada ban saat di jalan. Hal ini bisa terjadi pada mobil atau sepeda motor.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian selip ialah tergelincir baik tentang mobil, motor atau sebagainya.

Baca juga: Ini Harga Terbaru dan Simulasi Kredit Baleno Hatchback di Surabaya

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, Agus Sani, mengatakan, selip pada motor merupakan kondisi yang bisa berbahaya.

 

Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.Istimewa Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.

"Slip membuat kendaraan menjadi tidak stabil dan bisa membahayakan pengendara apabila pengendara tidak bisa mengatasi keadaan tersebut," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agus mengatakan, pada motor, selip biasanya terjadi karena dua hal yaitu kondisi jalan dan salah teknik saat pengereman.

"Slip biasanya terjadi pada kondisi jalan licin atau saat penekanan rem terlalu kuat saat kondisi ban miring," katanya.

Baca juga: Sean Gelael dan JOTA Raih Hasil Positif di Sesi Latihan 8 Jam Portimao

Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas pelatihan berkendara terbesar se-Asia TenggaraIstimewa Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas pelatihan berkendara terbesar se-Asia Tenggara

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, untuk mengurangi risiko saat melewati jalan licin atau sat sedang hujan, maka pengendara mesti meperhatikan kondisi bannya.

Telapak atau kembang ban, berfungsi untuk membelah air. Jika sudah botak, ban tidak akan berfungsi secara maksimal.

“Kalau air tidak tersalurkan, bisa menyebabkan ban selip saat melewati genangan. Oleh karena itu, ban yang baik untuk mengusir air adalah yang memiliki alur sampai bagian bibir ban,” ujar Zulpata.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X