Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Jadul Mau Pasang Power Window Mobil, Ini Harganya

SOLO, KOMPAS.com - Mobil dengan keluaran tahun lama biasanya belum memiliki pengatur kaca otomatis atau power window. Untuk membuka atau menutup kaca mobil masih manual, dengan cara memutar handle yang ada di pintu.

Namun kebanyakan untuk mobil lawas, handle sudah sulit diputar karena berat atau malah ada handle yang sudah tidak bisa berfungsi lagi. Hal ini terjadi karena sudah termakan usia atau rusak karena ada komponen yang patah.

Maka dari itu, banyak pengguna mobil lawas melakukan ubahan dengan cara menggantinya dengan yang otomatis. Ubahan tersebut dimaksudkan untuk lebih mudah saat membuka tutup kaca dan terlihat lebih mewah.

Salah satu pegawai bengkel spesialis pintu mobil, Primandiri di Solo, Jawa Tengah, Heru mengatakan, untuk memasang power window pada mobil lama bisa dilakukan. Hal itu perlu menambahkan panel dan juga dinamo atau alat untuk menggerakkan kaca.

Untuk kisaran harga, biasanya bengkel spesialis pintu akan mematok harga tiap pintu.  Ada juga yang memasang dengan sistim borongan semuanya sekaligus.

"Kalau pasang baru itu ada yang sampai satu juta per pintunya ada juga yang murah itu sekitar Rp 450.000 juga ada, tergantung nanti kulaitas dinamonya juga," kata Heru kepada Kompas.com, Sabtu (12/6/2021).

Heru juga mengatakan, selain dinamo yang membuat power window mahal yakni panel tombol power window. Mobil yang tidak dilengkapi dengan power window juga tidak disediakan tempat atau dudukan untuk tempat tombol power window.

"Kan itu nanti tombolnya atau switch nya juga tergantung permintaan, mau yang orisinil atau kadang ada yang mau pasang yang biasa saja asalkan power window bisa jalan," kata Heru.

Untuk menghemat biaya, ada juga konsumen yang hanya memasang di beberapa bagian pintu saja, tidak secara keseluruhan. Misalnya hanya yang bagian depan kanan kiri, atau hanya bagian depan kanan saja.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/13/140100215/mobil-jadul-mau-pasang-power-window-mobil-ini-harganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke