Mengenal Fitur Traction Control yang Mulai Lumrah di Kendaraan Modern

Kompas.com - 12/06/2021, 11:42 WIB
Menikung terasa mantap karena ditunjang kontrol stabilitas dan kontrol traksi Andrew MalanaMenikung terasa mantap karena ditunjang kontrol stabilitas dan kontrol traksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun lalu, kontrol traksi bisa dikatakan sebagai fitur yang mewah yang disematkan pada kendaraan, baik mobil atau motor. Tapi, sekarang fitur ini sudah banyak ditemui.

Fitur kontrol traksi atau traction control sekarang ini bisa dikatakan sudah bukan menjadi fitur yang mewah. Fitur ini menjadi penunjang keselamatan saat berkendara.

Ade Muhajir, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, kontrol traksi adalah sistem pengendali torsi untuk menjaga stabilitas kendaraan.

Baca juga: Tengok Teknologi Traction Control System pada NMAX ABS

"Mekanisme kerjanya adalah mengurangi potensi ban belakang slip saat kondisi jalan licin. Caranya kerjanya adalah Electronic Control Module (ECM) mengontrol volume bakar menjaga agar kecepatan roda belakang tetap sama dengan roda depan," ujar Ade, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

tombol traction control pada mobil HR-VKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda tombol traction control pada mobil HR-V

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan, kontrol traksi digunakan untuk traksi antara gesekan ban dengan aspal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Contohnya pada sepeda motor, ketika kendaraan terlalu miring kemudian ingin akselerasi kembali, jika tidak ada traction control maka akan terjadi perubahan power supply yang sangat besar. Sehingga bisa terjadi slip, bahkan pengemudi bisa terjatuh karena hal tersebut,” ujar Suparna, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kenali Fungsi Traction Control pada Kendaraan

Singkatnya, kontrol traksi berperan untuk mencegah roda mengalami slip atau kehilangan traksi. Jadi, saat sensor mendeteksi roda belakang berputar lebih cepat, sistem akan segera mengirim sinyal ke Electronic Control Unit (ECU) atau ECM untuk mengurangi tenaga yang dikeluarkan.

Grand New Avanza dirancang bisa mengaopsi teknologi kontrol traksi elektronik atau Vehicle Stability Control (VSC).Febri Ardani/KompasOtomotif Grand New Avanza dirancang bisa mengaopsi teknologi kontrol traksi elektronik atau Vehicle Stability Control (VSC).

Pada mobil, kontrol traksi tetap memiliki prinsip yang sama, yaitu berfungsi mencegah roda mengalami spin atau slip. Namun, mekanisme atau cara kerjanya berbeda.

“Pada fitur traction control mobil, semua sistem nantinya akan melakukan pengereman secara otomatis terhadap masing-masing roda, sehingga akan menjaga keseimbangan mobil saat berbelok dengan aman. Selain itu, power dan kecepatan akan disesuaikan agar roda tetap mempertahankan daya cengkeramnya,” kata Suparna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.