Cara Mudah Bikin Umur Aki Motor Matik Lebih Awet

Kompas.com - 05/06/2021, 14:02 WIB
Ilustrasi aki motor IstimewaIlustrasi aki motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Peran aki untuk motor-motor keluaran baru cukup krusial. Efeknya bisa tiba-tiba motor mati dan tidak bisa dihidupkan. Makkin repot jika hal seperti itu terjadi di tengah rutinitas yang padat.

Khusus untuk aki sepeda motor matik skutik, sangat bergantung pada bagimana cara pengunaan dari pemilik kendaraan.

Kepala Mekanik Bengkel AHASS Daya Adicipta Motora (DAM) Wahyudin mengtakan, untuk skutik yang masih dilengkapi dengan kick stater alias sistem engkol, sebaiknya setiap pagi saat pertama kali dihidupkan jangan memakai electric starter tapi di engkol.

Baca juga: Mengenali Beda Gaya Menikung Motocross dan MotoGP dan Fungsinya

“Kunci kontak off, selah dulu 3-5 kali supaya mesin ada friksi awal agar pelumas bergerak, kemudian kunci kontak on, hidupkan dengan kick starter,” ucap Wahyudin, belum lama ini kepada Kompas.com.

Menurut Wahyudin, teknik itu dilakukan guna menjaga umur aki agar lebih awet.

Kick starter pada skutikKompas.com/Donny Kick starter pada skutik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Teknik ini bagus dilakukan buat menjaga umur aki supaya pada pagi hari aki tidak kaget disuruh langsung kerja muterin mesin lewat electric starter,” kata dia.

Adapun untuk skutik yang sudah tidak memiliki kick stater seperti Vario Series baru atau Yamaha Nmax dan Aerox, pabrikan sudah mempersiapkan dengan tambahan teknologi lain.

Baca juga: Mengapa Motor Dilarang Lewat JLNT Casablanca, Ini Kata Polisi

“Vario sekarang sistem starter-nya dilengkapi teknologi yang meringankan memutar mesin, karena tegangan digandakan pada altenator (ACG) sehingga aki tidak begitu besar mengeluarkan arusnya. Jadi diklaim umur aki pun lebih panjang,” ucap Wahyudin.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.