Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Bikin Umur Aki Motor Matik Lebih Awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Peran aki untuk motor-motor keluaran baru cukup krusial. Efeknya bisa tiba-tiba motor mati dan tidak bisa dihidupkan. Makkin repot jika hal seperti itu terjadi di tengah rutinitas yang padat.

Khusus untuk aki sepeda motor matik skutik, sangat bergantung pada bagimana cara pengunaan dari pemilik kendaraan.

Kepala Mekanik Bengkel AHASS Daya Adicipta Motora (DAM) Wahyudin mengtakan, untuk skutik yang masih dilengkapi dengan kick stater alias sistem engkol, sebaiknya setiap pagi saat pertama kali dihidupkan jangan memakai electric starter tapi di engkol.

“Kunci kontak off, selah dulu 3-5 kali supaya mesin ada friksi awal agar pelumas bergerak, kemudian kunci kontak on, hidupkan dengan kick starter,” ucap Wahyudin, belum lama ini kepada Kompas.com.

Menurut Wahyudin, teknik itu dilakukan guna menjaga umur aki agar lebih awet.

“Teknik ini bagus dilakukan buat menjaga umur aki supaya pada pagi hari aki tidak kaget disuruh langsung kerja muterin mesin lewat electric starter,” kata dia.

Adapun untuk skutik yang sudah tidak memiliki kick stater seperti Vario Series baru atau Yamaha Nmax dan Aerox, pabrikan sudah mempersiapkan dengan tambahan teknologi lain.

“Vario sekarang sistem starter-nya dilengkapi teknologi yang meringankan memutar mesin, karena tegangan digandakan pada altenator (ACG) sehingga aki tidak begitu besar mengeluarkan arusnya. Jadi diklaim umur aki pun lebih panjang,” ucap Wahyudin.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/05/140200215/cara-mudah-bikin-umur-aki-motor-matik-lebih-awet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke