Berlaku 2 Juni 2021, Ini Tarif Jalan Tol Serpong-Pamulang

Kompas.com - 29/05/2021, 13:11 WIB
Gerbang Tol Pamulang JASA MARGAGerbang Tol Pamulang

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 2 Juni 2021 pukul 00.00 WIB, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, bakal menerapkan tarif Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang. Penerapan ini diklaim sesai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 592/KPTS/M/2021 pada 18 Mei 2021.

Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I (Ruas Serpong-Pamulan) yang dikelola oleh PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), sebelumnya sudah dibuka dan beroperasi secara gratis sejak 2 April 2021 usai diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara untuk besaran tarif yang akan diterapkan pada Jalan Tol Serpong-Cinere dengan total keseluruhan panjang 10,14 km dan memiliki empat Gerbang Tol (GT), yakni GT Serpong 5, GT Serpong 6, GT Serpong 7, dan GT Pamulang tersebut, sebagi berikut ;

Baca juga: Tol Cijago Lanjut Konstruksi, Akses Kukusan – Cinere Siap Tersambung

  • Golongan I : Rp 11.000
  • Golongan II : Rp 16.500
  • Golongan III : Rp 16.500
  • Golongan IV : Rp 22.000
  • Golongan V : Rp 22.000

Selain empat GT, tol ini juga memiliki satu interchange yang terkoneksi dengan Jalan Nasional RE Martadinata.

Jalan Tol Serpong-Cinere juga bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang tersambung dengan Jalan Tol Pondok Aren-Serpong dan Tol Lunciran-Serpong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gerbang Tol Serpong 7Jasa Marga Gerbang Tol Serpong 7

Sebagai simulasi, Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari mengatakan untuk kendaraan golongan 1 dari GT Pamulang menuju BSD yang sebelumnya hanya membayar tarif Tol Pondok Ares-Serpong sebesar Rp 7.000, kini menjadi Rp 18.000.

"Sejak dimulainya diberlakukan penerapan tarif ini akan membayar total Rp 18.000 karena ada tarif Rp 11.000 untuk Jalan Tol Serpong Cinere. Hal ini juga akan berlaku di beberapa ruas jalan tol lainnya yang terkoneksi dengan Jalan Tol Serpong-Cinere," ujar Ayu dalam keterangan resminya, Sabtu (29/5/2021).

Baca juga: Begini Alur Bikin SIM Motor CI dan CII

Dengan terkoneksinya Jalan Tol Serpong-Cinere dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong serta Pondok Aren-Serpong, diharapkan menjadi akses alaternatif baru bagi warga sekitar baik yang inging menuju BSD atau Bandara Soekarno-Hatta.

Ayu menjelesakan, nantinya setelah Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere rampung konstriksinya dan sudah dioperasikan, Jalan Tol Serpong-Cinere juga akan terkoneksi hingga Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Jasa Marga Catat 525 Ribu Kendaraan Melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-PamulangJasa Marga Jasa Marga Catat 525 Ribu Kendaraan Melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang

"Namun untuk saat ini bagi pengguna jalan tol yang akan menuju Jalan Tol Cijago melalui Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dapat keluar di GT Pamulang dan melanjutkan perjalanan via jalan nasional/arteri RE Martadinata dan masuk ke jalan tol melalui GT Kukusan Jalan Tol Cijago," ucap Ayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.