Cara Aman Menggunakan Aplikasi Peta Bagi Pengendara Motor

Kompas.com - 29/05/2021, 09:22 WIB
ilustrasi Google Maps The Vergeilustrasi Google Maps

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada saat berkendara jarak jauh atau ke daerah yang belum pernah dilewati, peran aplikasi peta dibutuhkan agar tidak tersesat. Jika mengendarai mobil, tentu saja akan lebih mudah karena banyak tempat untuk menaruh ponsel.

Sedangkan jika menggunakan motor, pengendara harus lebih berhati-hati dan waspada pada saat menggunakannya. Jangan sampai gara gara kehilangan konsentrasi malah mengakibatkan kecelakan.

Baca juga: Resmi Berlaku, Aturan Penggolongan SIM Segera Disosialisasikan

Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana menjelaskan, penggunaan maps pada saat berkendara boleh saja asalkan tidak mengganggu konsentrasi pada saat berkendara.

"Penggunaan maps boleh, namun pengendara harus tetap berkonsentrasi pada saat berkendara. Jadi tetap fokus pada pandangan depan saat berkendara," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (28/5/2021).

Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendaraimambudi Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendara

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agus menambahkan, jika harus menggunakan maps pengendara dapat menambahkan alat yang dapat menopang ponsel pada saat digunakan. Alat tersebut dapat ditempelkan di area setang motor agar lebih mudah terlihat. Jika tidak menggunakan alat tambahan, ponsel dapat diletakkan di saku pengendara.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Italia 2021; Vinales Tercepat, Marquez dan Rossi Tercecer

"Namun jangan sampai penggunaan maps malah dapat membuat konsentrasi pengendara buyar, jadi sebaiknya gunakan seperlunya saja," ucap Agus.

Jika pengendara menggunakan maps dan menaruh ponsel di saku, untuk melihatnya pengendara harus menepi terlebih dahulu. Jika sudah dipastikan lokasi aman pengendara dapat mempelajari rute selanjutnya.

Naik motor main HPmotorplus Naik motor main HP

Atau jika pengendara susah untuk mempelajari rute, fitur maps dengan suara bisa digunakan. Pengendara dapat mengikuti instruksi maps melalui earphone.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bikin Motor Cepat Rusak

Penggunaan earphone di sini tidak terlalu membahayakan karena suara yang terdengar hanya instruksi dari maps yang tidak mengganggu konsentrasi.

"Yang tidak disarankan adalah menggunakan satu tangan untuk memegang ponsel dan tangan lainnya memegang setang. Karena itu sangat berisiko terjadi kecelakaan saat melakukan pengereman mendadak," ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X