Sempat Ditunda, ETLE Mulai Berlaku di Cirebon Juni 2021

Kompas.com - 28/05/2021, 07:22 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di salah satu ruas jalan,  di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/3/2021). Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan penerapan tilang elektronik  atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional sebagai salah satu program prioritas dengan target penerapan tahap pertama dimulai pada Maret 2021 di 10 Polda dan tahap kedua Pada April 2021 di 12 Polda. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp. ANTARA FOTO/ARNAS PADDASejumlah kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di salah satu ruas jalan, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/3/2021). Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional sebagai salah satu program prioritas dengan target penerapan tahap pertama dimulai pada Maret 2021 di 10 Polda dan tahap kedua Pada April 2021 di 12 Polda. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Cirebon memastikan akan menerapkan sistem tilang kendaraan bermotor berbasis elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dalam waktu dekat, yakni 9 Juni 2021.

Sehingga, penertiban dan penindakan pelanggar lalu lintas di titik tertentu wilayah terkait bisa optimal serta maksimal. Jadi, diharap mampu menekan potensi kecelakaan.

Demikian dikatakan Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas), AKP La Ode Habibi Ade Jama dalam keterangan tertulis, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Cek 7 Komponen Motor ini Sendiri di Rumah

Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.Aprillio Akbar Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

"Tanggal 9 Juni ini kita akan launching ETLE yang seharusnya bisa dilaksanakan April 2021 lalu namun mundur sampai Lebaran," kata dia.

Menurut Habibi, saat ini pihak Polres Cirebon terus melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat bahwa di wilayah hukum Polres Ciko dalam waktu dekat sistem ETLE sudah diberlakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun dari segi perlengkapan dan peralatan pendukung, ETLE sudah siap diberlakukan.

Sebagai salah satu persiapan, menurut Habibi, pada tanggal 27 Mei 2021, pihaknya akan melaksanakan pelatihan terhadap delapan anggota Satlantas yang akan ditugaskan sebagai operator ETLE.

Terkait sosialisasi ETLE kepada masyarakat, diakuinya sudah dilaksanakan sejak Maret lalu. Namun, sosialisasi sempat berhenti karena menghadapi Ramadhan 1442 H.

Baca juga: Cara Putar Balik yang Benar di Jalanan, Jangan Bikin Orang Celaka

Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).TRIBUNNEWS.com/JEPRIMA Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

“Kita sosialisasi kembali kepada masyarakat di setiap lampu merah mengimbau kepada masyarakat bahwa di wilayah hukum Polres Ciko akan diterapkan ETLE,” ujar Habibi.

Di Kota Cirebon, kamera akan ETLE terpasang di enam titik dengan rincian pertigaan BTN Krucuk, perempatan Siliwangi, perempatan Asia, perempatan Latpri Cipto, perempatan Gunungsari, dan perempatan Rajawali Perumnas.

"Lalu kami juga akan hadirkan kamera pantau sebanyak 10 titik," lanjut Habibi.

“Ada dua metode penilangan, bisa melakukan pesan singkat kepada pelanggar melalui nomer telepon yang sudah terdata di samsat bahwa yang bersangkutan sudah melakukan pelanggaran atau kita kirim manual ke alamat pelanggar,” kata dia lagi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.