Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebiasaan yang Bikin Aki Tekor Saat Cas Ponsel di Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa sepeda motor zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur power outlet. Dengan fitur ini, pengendara bisa mengisi daya pada ponsel sambil berkendara.

Modelnya ada dua macam, ada yang membutuhkan adaptor dan ada juga yang tinggal colok kabel USB. Fitur ini bisa dibilang cukup bermanfaat bagi pengendara yang mobilitasnya tinggi di zaman sekarang.

Namun, masih ada sebagian pengendara sepeda motor yang melakukan kebiasaan saat mengecas ponsel yang dapat membuat aki menjadi soak.

Technical Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno, mengatakan, fitur power outlet di motor tidak akan membuat baterai atau aki soak, namun ada syaratnya.

“Asalkan pada saat melakukan pengecasan HP, mesin dalam keadaan hidup, baterai motor tidak akan soak,” ujar Endro, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jika mengecas ponsel saat mesin motor mati, aki akan menjadi soak. Jika mesin mati, Endro menambahkan, arus listriknya murni dari aki saja, sementara aki tidak mengalami pengisian.

"Jika hal ini dilakukan terus-menerus, arus listrik yang ada di baterai akan habis. Kalau sudah habis arus listrik di aki, tidak bisa dicas, jadi harus ganti yang baru,” kata Endro.

Ketika mesin motor menyala, arus listrik akan datang dari spul dan distabilkan oleh kiprok lalu diteruskan ke aki. Saat itulah terjadi pengisian pada aki.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/25/140100115/kebiasaan-yang-bikin-aki-tekor-saat-cas-ponsel-di-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke