Ada Larangan Mudik, Konsumsi BBM Pertamina Tetap Naik

Kompas.com - 21/05/2021, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memastikan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) selama masa Lebaran berjalan aman. Bahkan jumlah konsumsi di tengah larangan mudik justru bertambah.

Berdasarkan data dari Satgas Ramadhan Idul Fitri (RAFI) pada 16 Mei, realisasi penyaluan untuk bensin 91.100 Kilo Liter (KL) per hari, naik 8 persen dibanding rata-rata harian normal 84.100 KL per hari.

Puncak permintaan BBM sendiri terjadi selama dua hari, yakni pada 11-12 Mei 2021, dengan konsumsi terbesar jenis Pertalite mencapai 70 persen dari total realisasi untuk bensin.

Baca juga: Upaya Pertamina Kirim BBM ke Daerah Terpencil

Sementara untuk solar, terjadi penurunan 10 persen dari rata-rata harian normal sebesar 38.500 Kl menjadi 34.300 Kl per hari.

Penyaluran BBM Pertamina di masa puncak Lebaran 2021PERTAMINA Penyaluran BBM Pertamina di masa puncak Lebaran 2021

Fajriyah Usman, Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina mengatakan, satgas yang dibentuk mampu mendistribusikan, melayani kebutuhan BBM dan produk lainnya sekaligus mengedukasi masyarakat dalam penggunaan energi.

Penyaluran energi selama masa puncak Lebaran, diklaim didukung ketersediaan pasokan yang aman dengan ketahanan antara 16-73 hari dengan produksi kilang mencapai 857,3 MBSD.

Baca juga: Mudik Dilarang, Pertamina Tetap Jamin Stok BBM di Tol Trans-Jawa

"Kelancaran distribusi energi juga dicapai dengan moda transportasi energi yang handal, salah satunya melalui Subholding Shipping yang dapat mengoperasikan kapal sebanyak 255 unit," ucap Fajriyah dalam keterangan resminya, Kamis (20/5/2021).

Ilustrasi membeli BBM di SPBU Pertamina dengan aplikasi MyPertaminaDok. Pertamina Ilustrasi membeli BBM di SPBU Pertamina dengan aplikasi MyPertamina

Sepanjang periode Satgas, dalam rangka mengedukasi konsumen, Pertamina juga tetap menjalankan Program Langit Biru serta memberikan harga khusus Berkah Ramadhan bagi produk BBM unggulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.