Mulai Paruh Kedua 2021, Chery Siapkan 5 Mobil Baru untuk Indonesia

Kompas.com - 21/05/2021, 08:02 WIB
Merek otomotif asal China, Chery bakal kembali ke Indonesia tahun ini dok.CheryMerek otomotif asal China, Chery bakal kembali ke Indonesia tahun ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek mobil asal China, Chery kembali berkomitmen untuk hadir di pasar Indonesia pada  paruh kedua 2021. Melalui strategi berbeda, berbagai hal tengah disiapkan.

Satu diantaranya, sebagaimana diungkapkan oleh Marketing Director RHD Region, Qin kepada  Kompas.com, ialah dengan membawa produk terbaru dengan teknologi paling mutakhir.

"Kita berencana untuk hadir di Indonesia pada kuartal tiga 2021 atau semester kedua tahun ini. Pada tahap awal, kita akan perkenalkan sedikitnya 5 produk," kata Qin, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Mobil China Chery, Siap Masuk Indonesia Lagi Tahun Ini

Diler Motorave di Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, masih menawarkan mobil Geely dan Chery.Febri Ardani/Otomania Diler Motorave di Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, masih menawarkan mobil Geely dan Chery.

Adapun durasi pada tahap awal ini ialah dua tahun sejak kedatangan Chery ke Tanah Air atau sampai akhir 2023. Hanya saja, ia belum bisa menyebut secara pasti model kendaraan tersebut.

"Pastinya kendaraan yang kita hadirkan sudah termasuk mobil dengan model energi tradisional (internal combustion engine) dan energi baru (electric vehicle)," ujar Qin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, Chery sempat hadir di Indonesia dengan payung Indomobil Grup pada 2011. Namun, karena preferensi pasar Indonesia, merek ini memutuskan untuk keluar dan tak lagi terdaftar di Gaikindo mulai 2016.

Baca juga: Rencana Kemenhub Akselerasi Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

Berdasarkan data wholesales Gaikindo, dalam kurun satu tahun Chery hanya berhasil menjual 269 unit mobilnya di Indonesia. Tahun kedua penjualan Chery meningkat mencapai 759 unit, kemudian meningkat menjadi 853 unit di tahun berikutnya.

Penurunan penjualan Chery mulai terasa pada tahun 2009. Kala itu, dalam satu tahun Chery hanya menjual 407 unit, meski naik sedikit pada 2010.

Puncak kemerosotan Chery kemudian berada di periode 2012-2013 karena perseroan sudah tampak tidak bergairah lagi. Hingga pada akhirnya, selama 2013 - 2015 tidak ada mobil Chery yang terjual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.