Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuci Mobil Pakai Alat Hidrolik Bikin Spooring Berubah, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 13/05/2021, 15:01 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci mobil merupakan salah satu perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil agar tampilan kendaraan selalu bersih. Dengan mobil yang bersih, pemilik akan lebih percaya diri dalam mengendarai mobil kesayangannya.

Jika tidak mau repot mencuci mobil sendiri, sekarang sudah banyak tempat cuci mobil yang menawarkan jasa. Salah satunya, yakni cuci mobil pakai alat hidrolik dengan mengangkat mobil ke atas menggunakan mesin agar kolong mobil dapat dengan mudah dibersihkan.

Baca juga: Heboh Honda Vario 160 Ternyata Kloningan, Ini Motor Aslinya

Namun, ada yang berpendapat jika mencuci mobil hidrolik dengan posisi roda menggantung akan menyebabkan spooring berubah. Jika benar, tentu saja akan merugikan bagi pelanggan.

Cuci mobil hidrolikKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil hidrolik

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, mencuci mobil hidrolik dengan ban yang menggantung tidak mengakibatkan berubahnya spooring ban mobil.

Baca juga: Masih Ratusan Ribu Pemudik yang Mengeyel Terobos Pos Penyekatan

"Secara teori hal tersebut tidak akan mengubah spooring pada mobil, nanti setelah kendaraan diturunkan dan digunakan akan normal kembali," kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (12/5/2021).

Didi mengatakan, hal tersebut juga sama ketika mobil di dongkrak untuk mengganti ban atau melakukan pengecekan. Akan ada ban yang terangkat pada saat mobil di dongkrak.

Ilustrasi proses spooring ban mobilliveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil

Setelah selesai di dongkrak dan mobil digunakan kembali, tidak ada perubahan apapun pada spooring mobil. Mobil masih bisa digunakan dalam keadaan normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com