Cuci Mobil Pakai Alat Hidrolik Bikin Spooring Berubah, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 13/05/2021, 15:01 WIB
cuci mobil hidrolik bisa maksmial bersihkan kotoran di kolong mobil. Stanly/Otomaniacuci mobil hidrolik bisa maksmial bersihkan kotoran di kolong mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci mobil merupakan salah satu perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil agar tampilan kendaraan selalu bersih. Dengan mobil yang bersih, pemilik akan lebih percaya diri dalam mengendarai mobil kesayangannya.

Jika tidak mau repot mencuci mobil sendiri, sekarang sudah banyak tempat cuci mobil yang menawarkan jasa. Salah satunya, yakni cuci mobil pakai alat hidrolik dengan mengangkat mobil ke atas menggunakan mesin agar kolong mobil dapat dengan mudah dibersihkan.

Baca juga: Heboh Honda Vario 160 Ternyata Kloningan, Ini Motor Aslinya

Namun, ada yang berpendapat jika mencuci mobil hidrolik dengan posisi roda menggantung akan menyebabkan spooring berubah. Jika benar, tentu saja akan merugikan bagi pelanggan.

Cuci mobil hidrolikKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil hidrolik

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, mencuci mobil hidrolik dengan ban yang menggantung tidak mengakibatkan berubahnya spooring ban mobil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Masih Ratusan Ribu Pemudik yang Mengeyel Terobos Pos Penyekatan

"Secara teori hal tersebut tidak akan mengubah spooring pada mobil, nanti setelah kendaraan diturunkan dan digunakan akan normal kembali," kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (12/5/2021).

Didi mengatakan, hal tersebut juga sama ketika mobil di dongkrak untuk mengganti ban atau melakukan pengecekan. Akan ada ban yang terangkat pada saat mobil di dongkrak.

Ilustrasi proses spooring ban mobilliveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil

Setelah selesai di dongkrak dan mobil digunakan kembali, tidak ada perubahan apapun pada spooring mobil. Mobil masih bisa digunakan dalam keadaan normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.