Kompas.com - 12/05/2021, 13:34 WIB
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara garis besar masyarakat sudah mulai paham apa itu riding gear, yaitu perlengkapan berkendara supaya aman saat naik motor.

Namun rupanya ada satu riding gear yang kerap luput, yaitu sarung tangan. Tak sedikit pengendara motor sudah pakai helm, jaket dan sepatu tapi lalai soal sarung tangan.

Instruktur Rifat Drive Labs (RDL), Andry Berlianto, menerangkan, sarung tangan punya fungsi penting saat berkendara. Sebab melindungi tangan dari berbagai hal.

Baca juga: Harga City Car Bekas Jelang Lebaran, Ignis Mulai Rp 100 Jutaan, Mirage Rp 80 Jutaan

Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motorAditya Maulana, KompasOtomotif Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motor

"Sarung tangan itu ibaratnya adalah kulit kedua si pengendara motor," katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Andry mengatakan, memilih sarung tangan juga jangan sembarangan. Usahakan sarung tangan yang dipakai pas dengan telapak tangan dan jari-jari.

"Bila tidak pas seperti longgar atau licin akan membuat gerakan menggenggam stang motor tidak maksimal," katanya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan, sarung tangan tidak hanya berguna melindungi tangan pengguna dari sinar matahari, tapi dapat mencegah luka fatal.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas Seharga LMPV, Dapat CX-5, Outlander Sport, dan CR-V

Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan. maximomoto.com Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan.

"Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan penggunaannya. Sarung tangan yang baik ialah yang dapat menutup jari tangan penuh, bukan sarung tangan buntung atau setengah tertutup," katanya kepada Kompas.com.

Sarung tangan khusus motor, kata Agus juga bisa meningkatkan kenyamanan pengendara, grip di setang jadi lebih baik sehingga berkendara semakin nyaman dan aman.

"Terutama bagi pengendara wanita, hindari memilih sarung tangan hanya karena menarik dipandang namun minim fungsi utama," ujar Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.