Risiko Ganti Sparepart pada Sistem Pengereman Pakai yang KW

Kompas.com - 12/05/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram. STANLY RAVEL-KOMPAS.comIlustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pengereman jadi salah satu bagian utama dalam sebuah mobil. Seluruh bagian pada sistem pengereman harus selalu dalam kondisi prima.

Oleh karena itu, selalu disarankan untuk mengecek kondisi seluruh komponen pada sistem pengereman. Jika sudah aus atau kerjanya tidak maksimal, segera lakukan penggantian atau perbaikan.

Penggantian komponen pada sistem pengereman dianjurkan untuk memilih yang asli atau sesuai dengan pabrikan mobil tersebut.

Baca juga: Pengendara Motor Hajar Polisi Tidur, Pembonceng Mental ke Aspal

Selain lebih optimal saat digunakan, tingkat keawetan atau usia pakainya pun lebih panjang dari yang imitasi atau KW. Saat ini memang banyak beredar komponen pengereman seperti kampas dan kaliper versi imitasi.

Lantas, apakah berbahaya jika menggunakan komponen versi imitasi tersebut?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil

Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor menegaskan bahaya penggunaan komponen pengereman versi KW.

"Ini karena versi imitasi material dasarnya berbeda dengan yang versi asli, bisa menyebabkan rem kurang pakem atau bahkan bisa merusak piringan disc-nya," kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Arogansi Pengemudi Lamborghini di Kompleks Perumahan Jelang Dini Hari

Ini karena komponen asli buatan pabrikan mobil tersebut sudah didesain sesuai mobilnya. Jadi telah melewati pengujian dan pertimbangan secara detail. Berbeda dengan komponen imitasi atau KW.

Agar lebih aman, memang disarankan untuk membeli sparepart tersebut langsung di jaringan bengkel resminya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X