Jelang Lebaran, Lalu Lintas ke Jawa Tengah Melandai

Kompas.com - 12/05/2021, 08:22 WIB
Pantauan lalu lintas di jalan tol DOC DITJEN PERHUBUNGAN DARATPantauan lalu lintas di jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengungkapkan bahwa arus lalu lintas ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur saat ini mulai landai dan sepi jelang libur lebaran, Selasa (11/5/2021).

Hal tersebut sejalan dengan pengawasan para pemudik di berbagai pos penyekatan yang efektif serta efisien. Selainn itu, meningkatnya atensi warga terhadap penyebaran virus corona alias Covid-19.

Demikian dikatakan Istiono melalui keterangan tertulis, usai mengecek jalur tol serta arteri dari DKI Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Mudik Dilarang, 381.851 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek hingga H-3

Kakorlantas Irjen Istiono mensurvey lokasi penyekatan mudik di Lampung. (FOTO: Dok. Humas Polda Lampung).KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Kakorlantas Irjen Istiono mensurvey lokasi penyekatan mudik di Lampung. (FOTO: Dok. Humas Polda Lampung).

“Saya tadi lihat pantauan di jalan-jalan tol cenderung turun dan landai. Sekarang berada di rest area KM 249 juga cenderung turun dan landai,” ucap Istiono.

Menurut Istiono, kondisi lalu lintas hanya didominasi oleh angkutan barang maupun logistik. Selebihnya kendaraan pribadi yang memang memiliki kepentingan untuk melakukan perjalanan sebagaimana SE Satgas Covid-19.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dominasi kendaraan yang lewat itu di dominasi angkutan barang. Langkah-langkah putarbalik arah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini selama 5 hari 150.000 kendaraan,” lanjut dia.

Sementara itu, dia juga mengingatkan kepada pemudik yang lolos di penyekatan akan berhadapan dengan pos penyekatan berikutnya. Jadi, dipastikan tidak ada celah untuk lolos mudik.

Baca juga: Lebaran Layanan Uji Kir Libur, Buka Lagi 17 Mei 2021

Kondisi arus lalu lintas (lalin) di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Rabu (05/05/2021).Dok. Astra Tol Cipali Kondisi arus lalu lintas (lalin) di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Rabu (05/05/2021).

Dengan alasan itu, jenderal bintang dua ini meminta masyarakat untuk lebih baik mengurungkan niat mudik apabila tidak ingin diputar balik ke titik awal.

“Langkah cara bertindak kita di lapangan adalah kita alirkan supaya diterima oleh pos-pos penyekatan berikutnya yang memang sudah kita bangun berlapis-lapis di Jakarta sampai Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Istiono.

"Itu bagian dari dinamika yang harus kita kelola selama 24 jam untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 semaksimal mungkin,” kata dia lagi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X