Gejolak Penjualan Mobil di April 2021, Berikut 10 Merek Terlaris

Kompas.com - 10/05/2021, 14:21 WIB
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja penjualan kendaraan bermotor roda empat di pasar dalam negeri mengalami sedikit gejolak sepanjang April 2021, sejalan dengan berlaku insentif PPnBM dan dihelatnya pameran otomotif.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, dalam periode tersebut permintaan mobil atau penjualan ritel naik 2,5 persen dibanding bulan sebelumnya menjadi 79.499 unit.

Sementara pasokkan kendaraan dari pabrik ke diler alias wholesales di jangka waktu sama turun 7,6 persen dari 84.915 unit jadi 78.908 unit. Sehingga, daya serap atas permintaan memiliki selisih cukup jauh.

Baca juga: Nilai Transaksi IIMS Hybrid 2021 Tembus Rp 2 Triliun

 Ilustrasi penjualan mobil. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi penjualan mobil.

Data ini juga menunjukkan bahwa pasokkan atau produksi kendaraan memang tengah menjadi tantangan tersendiri bagi produsen. Tak heran, inden mobil yang mendapat insentif mencapai dua bulan.

Meski demikian, dibandingkan tahun lalu (year-on-year/yoy) penjualan di April 2021 sangat membaik. Pasalnya, kala itu dampak virus corona baru saja terasa dan permintaan kendaraan merosot hingga tersisa 7.871 unit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya dapat laporan dari Menteri Perindustrian, ada kenaikan purchase order sampai 190 persen. Artinya harus inden, artinya ini yang produksi kewalahan. Tapi di satu sisi, terlihat industri otomotif mulai bangkit," kata Presiden RI Joko Widodo dalam pembukaan IIMS Hybrid 2021 lalu.

Secara umum, penjualan ritel dan wholesales produsen mobil mengalami penurunan hingga level 5 persen dari bulan sebelumnya seperti Toyota, Daihatsu, Honda, serta Suzuki.

Tetapi, ada juga produsen yang mengalami kenaikan meski tidak cukup signifikan seperti Mitsubishi Motors, Wuling, Mazda, DFSK, sampai MINI serta Hyundai.

Baca juga: Rapor Pencapaian Daihatsu di Awal Kuartal II 2021

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

Untuk rinciannya, penjualan mobil terbanyak masih ditempati oleh Toyota walau ada sedikit penurunan secara bulanan. Kemudian, diikuti Daihatsu usai mencetak wholesales 15.861 unit dan ritel 13.673 unit.

Posisi ketiga, tetap ditempati oleh Honda dengan 8.474 unit (wholesales) dan 10.189 unit (ritel). Tapi khusus pasokkan unit ke diler disalip oleh Mitsubishi Motors yang naik sampai 800an unit dari bulan lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X