Rapor Pencapaian Daihatsu di Awal Kuartal II 2021

Kompas.com - 10/05/2021, 11:12 WIB
Astra Daihatsu Sigra ADMAstra Daihatsu Sigra

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak relaksasi PPnBM memberikan hasil positif. Setelah di Maret lalu berhasil mendongkrak penjualan ritel tertinggi selama  pandemi, kini di April rekor tertinggi kembali di raih dengan pencapaian 79.000 unit, naik 2,6 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim mengalami pertumbuhan lebih besar di bandingkan pencapian pasar otomotif, yakni 10,6 persen dengan torehan sekitar 13.000 unit di April lalu.

Dengan mengantongi pencapaian tersebut, market share Daihatsu di bulan kempat 2021 naik menjadi 17,2 persen, atau lebih besar dari Maret yang hanya 16,0 persen.

Baca juga: MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta, Ada Avanza sampai Mobilio

Sepanjang April, penjualan Daihatsu di dominasi tiga model utama, yakni Sigra sebanyak 3.591 unit dengan kontribusi 26,3 persen, Gran Max pikap menyumbang 24,7 persen atau 3.381 unit, dan Terios sebesar 2.481 unit, atau berkontribusi 18,1 persen.

Daihatsu di IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu di IIMS Hybrid 2021

Pada urutan keempat, Daihatsu Ayla menyumbang 13,5 persen dengan jumlah penjualan 1.844 unit. Setelah itu disusul oleh Gran Max minibus sebanyak 1.193 unit atau menyumbang 8,7 persen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk MPV murah andalannya, yakni Xenia, menempati urutan keenam dengan penjualan hanya 823 unit, atau berkontribusi 6,0 persen terhadap penjualan Daihatsu.

Menyikapi hasil positif tersebut, Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM mengatakan, Daihatsu optimis pasar mobil di bulan selanjutnya akan tetap bergairah seperti yang terjadi pada Meret dan April 2021.

Baca juga: Impresi Visual Kijang Innova Langka, Cuma 50 Unit di Dunia

Rombongan Terios 7 Wonders jelajah keindahan Kolaka Rombongan Terios 7 Wonders jelajah keindahan Kolaka

"Kami mendukung himbatauan pemerintah untuk tidak mudik, karena Daihatsu percaya himbauan ini akan menekan penyebaran Covid-19, sehingga ekonomi Indonesia bisa kembali kondusif," ucap Amel dalam keterangan resminya, Senin (10/5/2021).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X