Kendaraan dari Luar Daerah Jadi Sasaran Operasi Penyekatan Mudik di Solo

Kompas.com - 06/05/2021, 13:12 WIB
Pos penyekatan tugu Makuto Solo, Jawa Tengah Arif NugrahadiPos penyekatan tugu Makuto Solo, Jawa Tengah

SOLO, KOMPAS.com - Aturan larangan mudik lebaran resmi diberlakukan mulai hari ini, Kamis (6/5/2021). Sejumlah pos penyekatan di berbagai daerah mulai dioperasikan, tak terkecuali di Solo, Jawa Tengah.

Ada lima pos pengamanan (pospam) yang disiapkan sebagai antisipasi sekaligus screening awal masuknya pemudik di Kota Solo. Pos ini juga akan difungsikan sebagai pos penyekatan untuk menghalau pemudik yang akan masuk ke Kota Solo.

Baca juga: Ingat, Usai Lebaran Polisi Juga Sekat Kendaraan yang Masuk Jakarta

Kelima pos tersebut terletak di Pos Faroka Kerten, pintu keluar Tol Klodran, Tugu Makutho Karangasem, Jurug dan Pos Joglo. Pos penyekatan di Solo dijaga oleh petugas gabungan dari Satlantas, TNI, Dishub, Satpol PP, dan juga petugas dari Dinas Kesehatan Kota Solo.

Pengguna sepeda motor dengan pelat luar Solo dilakukan pemeriksaan.Arif Nugrahadi Pengguna sepeda motor dengan pelat luar Solo dilakukan pemeriksaan.

Kepala Pos Keamanan pemudik Tugu Makutho Solo, Kompol Endang Sri Hastuti menjelaskan, pos operasional mulai berlaku pada hari ini dan akan menyasar kendaraan dengan pelat luar daerah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya kendaraan roda empat atau lebih, kendaraan bermotor dengan pelat luar daerah  juga akan dilakuan pemeriksaan.

Baca juga: Kejar-kejaran di Jalan Tol, Dua Mobil Ini Nyaris Dihantam Trailer

"Dalam operasi ini kami utamakan untuk kendaraan di luar pelat Solo, jadi kendaraan yang bukan pelat AD kami berhentikan dahulu untuk dilakukan pemeriksaan sebelum melanjutkan perjalanan," kata Endang kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

Pemeriksaan dilakukan dengan mengecek kelengkapan dokumen yang harus di bawa. Pemilik kendaraan dengan pelat diluar kota Solo dan sekitarnya harus membawa Surat Izin Keluar/ Masuk (SIKM) dan surat keterangan negatif rapid tes antigen atau PCR.

Pos pengamanan lebaran Polresta SurakartaArif Nugrahadi Pos pengamanan lebaran Polresta Surakarta

"Kebanyakan pelat luar yang terkena operasi merupakan orang Solo yang memiliki kendaraan dengan pelat luar daerah. Ada juga yang merupakan mahasiswa luar kota yang belajar di Solo, jadi kami suruh untuk melanjutkan perjalanan. Kalau untuk pemudik sampai saat ini belum ada," ucap Endang.

Baca juga: Ducati Iming-iming VR46 Team Motor Spek Pabrikan

Bagi kendaraan luar daerah yang tidak dilengkapi dengan syarat perjalanan sesuai dengan aturan pemerintah pusat akan disuruh untuk putar balik. Hal ini dilakukan sesuai dengan aturan yang telah diberlakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat.

Pemeriksaan juga dilakukan terhadap pengguna jalan yang tidak menggunakan masker. Pengguna jalan yang tidak menggunakan masker langsung dihukum untuk membersihkan sampah di sekitar pos keamanan pada saat itu juga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X